50 Tahun Skandal Watergate, Sejarah dan Kasus Besar Presiden AS Richard Nixon

Kompas.com - 16/06/2022, 18:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Skandal Watergate adalah salah satu skandal politik paling spektakuler dalam sejarah AS yang pecah pada 17 Juni 1972.

Berselang dua tahun kemudian, skandal Watergate menyebabkan pengunduran diri Presiden Richard Nixon.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah sejarah skandal Watergate bserta kronologi bagaimana peristiwa itu terjadi.

Baca juga: Sejarah NATO dari Perang Dingin hingga Perang Rusia-Ukraina

1. Tepergoknya lima penyusup

Pada 16-17 Juni 1972 malam, lima pria ditangkap di markas besar Komite Nasional Demokrat di hotel dan kompleks perkantoran Watergate di Washington.

Mereka yang disebut "tukang ledeng" mengenakan sarung tangan bedah, dipersenjatai dengan peralatan fotografi dan perekaman.

Hari berikutnya The Washington Post di halaman depannya memberitakan penyusupan yang terjadi pada puncak kampanye pemilihan kembali presiden Richard Nixon dari Partai Republik.

Sebanyak dua jurnalis muda yaitu Bob Woodward dan Carl Bernstein menyebut James McCord--anggota komite pemilihan ulang Nixon dan mantan anggota CIA--sebagai salah satu penyusup.

Para wartawan mengatakan, penyusupan itu jelas terkait dengan Gedung Putih.

Pada 22 Juni 1972, Richard Nixon menyangkal keterlibatan apa pun oleh pemerintahannya dalam kasus ini. Saat itu skandal Watergate belum banyak menyita perhatian publik.

Baca juga:

2. Sumber berkode "Deep Throat"

Gedung Putih Amerika SerikatWhite House.com Gedung Putih Amerika Serikat
Selanjutnya, kedua reporter tadi menetapkan bahwa dua pria yang pernah bekerja untuk Richard Nixon serta ajudan khususnya, Charles Colson, memandu para penyusup dalam misi mereka menggunakan walkie-talkie dari hotel di dekat Watergate.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.