Kompas.com - 17/11/2021, 21:00 WIB
Penyerangan Pearl Harbor oleh Jepang pada Perang Dunia II shutterstock.comPenyerangan Pearl Harbor oleh Jepang pada Perang Dunia II

KOMPAS.com - Dampak Perang Dunia II memang amat besar. Bahkan, terasa hingga negara-negara yang jauh dari episentrum perang.

Indonesia yang terletak di Asia, juga terdampak Perang Dunia II.

Awalnya Indonesia berada di bawah pemerintahan Belanda. Tapi sejak 8 Maret 1942, Indonesia berada di bawah militer Jepang pasca-serangan Pearl Harbour.

Tak hanya itu, berikut dampak lain Perang Dunia II bagi Indonesia di berbagai bidang.

Baca juga: 2 September dalam Sejarah: Berakhirnya Perang Dunia II pada 1945

Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia di Bidang Ekonomi

Pada zaman Jepang, terjadi berbagai perubahan yang menjadikan bangsa Indonesia lebih sengasara, terlebih secara ekonomi.

Politik penjajahan Jepang di Indonesia bertujuan untuk mengeksploitasi sumber daya alam dan mendapatkan sumber daya manusia untuk kepentingan Perang Asia Timur Raya.

Sehingga dalam bidang ekonomi, pemerintahan Jepang mengeluarkan surat keputusan yang mengatur distribusi barang yang dibutuhkan dalam perang.

Barang-barang tersebut seperti besi, tembaga, kuningan, dan lainnya.

Pemerintahan Jepang juga mewajibkan petani di pedesaan Jawa untuk menyerahkan padi, dengan harga gabah dan beras yang juga ditetapkan.

Pemerintah pendudukan Jepang juga memanfaatkan sumber daya manusia Indonesia untuk keperluan Perang Asia Timur Raya. masyarakat di pedesana Jawa dijadikan tenaga kerja paksa atau romusha.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.