Sejarah Piano: Awal Penemuan dan Perkembangan Inovasi Instrumen

Kompas.com - 29/10/2021, 04:00 WIB

KOMPAS.com - Sejarah piano dapat dilacak kembali dari 3 abad lalu. Selama periode itu, Instrumen ini merupakan salah satu yang paling populer populer di dunia bahkan ketika memasuki abad keempat keberadaannya.

Meski sekarang menjadi alat musik yang sangat populer di rumah-rumah, piano memiliki perangkat mekanis paling kompleks dan mampu memenuhi setiap gaya permintaan musik pemainnya.

Dengan setiap pengembangan sejak penemuannya, piano semakin mampu memberikan nuansa ekspresi, volume dan durasi nada yang tak terbatas.

Baca juga: China Cekal Namewee, Artis Malaysia yang Dituduh Buat Video Musik Menghina Bangsanya

Clavichord dan Harpsichord

Selama berabad-abad sebelum piano ditemukan, awalnya ada dua keyboard yang banyak digunakan sejak 1400-an, yakni Clavichord dan Harpsichord.

Tapi masing-masing dari instrumen itu memiliki kekuatannya sendiri, yang membuatnya populer untuk tempat dan gaya musik tertentu saja.

Harpsichord tidak memiliki kendali atas dinamika, betapa keras atau lembut instrumen itu dimainkan.

Sementara Clavichord terdengar terlalu halus dan sering dikuasai oleh suara instrumen lainnya. Inilah yang akhirnya mendorong terciptanya piano.

Baca juga: UNIK GLOBAL: Menteri India Ingin Semua Klakson Diganti Alat Musik | 10 Ratu Paling Kejam dalam Sejarah

Bartolomeo Cristofor

Tiga abad lalu, sejarah piano dimulai ketika pembuat Harpsichord Italia, Bartolomeo Cristofori, menghasilkan terobosan teknologi.

Bartolomeo Cristofor adalah pembuat dan pemelihara alat musik harpsichord di keluarga Medici, keluarga bangsawan kaya Italia sekitar abad ke-15.

Cristofor membuat mekanisme baru bagi Harpsichord, yang memberinya kemampuan untuk dimainkan instrumen dengan variasi yang dinamis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.