Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2021, 05:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Sejak penemuan Titanic pada 1985 perburuan kapal karam yang paling terkenal dan sulit dipahami dalam sejarah belum lagi menemukan titik cerah.

Padahal misteri lain yang tak terhitung jumlahnya masih banyak menanti digali dari bawah laut. Beberapa diantaranya menurut catatan sejarah merupakan kapal bertingkat yang lebih tua yang membawa berbagai benda berharga.

Lusinan kapal yang penting secara historis masih tenggelam di dalam lautan di seluruh dunia. Seperti Titanic, kapal-kapal tersebut menyimpan kisah sejarah yang kaya, penjelajah heroik, pertempuran mengerikan, dan kemewahan.

Berikut cerita di balik empat kapal legendaris yang masih menanti untuk digali dari kuburan bawah lautnya.

Baca juga: Kisah Misteri: 8 Pendaki Dilaporkan Hilang, Dyatlov Pass Semakin Misterius

USS Indianapolis

USS Indianapolis diluncurkan pertama kali pada 1931, merupakan kendaraan laut pembawa bom atom aktif pertama di dunia. Salah satu misinya menjalankan “Good Neighbor” yang diusung Presiden AS Franklin D. Roosevelt pada 1936.

Memasuki periode Perang Dunia ke II tepatnya pada 26 Juli 1945, Indianapolis ditugaskan untuk mengirimkan bom ke pangkalan militer AS di Tinian. Perintah kemudian mengarahkannya menuju ke Teluk Leyte Filipina untuk bersiap menyerbu Jepang.

Namun pada 30 Juni 1945, di tengah-tengah perjalanan antara Guam dan Teluk, USS Indianapolis dihantam dua torpedo. Jepang melakukan serangan tak terduga itu dengan kapal selamnya.

Menurut catatan Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut resmi militer AS, kendaraan perang itu tenggelam hanya dalam 12 menit. Kapal tenggelam begitu cepat, sementara rusaknya sistem komunikasi mencegah awak mengirimkan sinyal tanda bahaya.

Dari 1.196 pelaut dan marinir di atas kapal, hanya 900 berhasil keluar dari kapal. Ironisnya, mereka yang selamat kemudian harus berhadapan dengan perairan yang dipenuhi hiu.

Tim penyelamat yang tiba hampir lima hari kemudian mendapati hanya 316 pelaut yang tersisa. Sementara yang lain meninggal karena serangan hiu dan penyakit lain yang lambat mendapat pertolongan.

Tenggelamnya Indianapolis hingga kini dikenang sebagai bencana angkatan terburuk laut AS dalam Perang Dunia II.

Meskipun banyak ekspedisi menggunakan sonar dan kendaraan bawah air, bangkai kapal selam itu tidak pernah ditemukan. Kendala utamanya terletak pada kedalaman ekstrim dari area pencarian. Menurut beberapa perkiraan, kapal penjelajah itu diperkirakan berada 12.000 kaki di bawah permukaan air.

Baca juga: Kisah Misteri: Legenda Kota Orang Mati Dargavs, Rusia

Flor de la Mar

Flor de la Mar, menjadi salah satu bangkai kapal paling terkenal sepanjang masa, setelah tenggelam pada awal 1512.

Bangkai kapal bangsa Portugis, yang kadang juga disebut Flor do Mar ini, tenggelam membawa harta karun terbesar dalam sejarah angkatan laut bangsa itu. Didalamnya juga terdapat hasil rampasan dari wilayah yang ditaklukan mulai dari Malaka, Malaysia.

Kisah kekayaan di atas kapal Flor de la Mar adalah legenda di dunia kelautan. Dikabarkan berton-ton emas, peti berisi batu mulia dan berlian sebesar kepalan tangan manusia ada di dalamnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com