Biografi Otoniel: Bos Kartel Narkoba Kolombia Paling Dicari Pasca-Escobar

Kompas.com - 19/11/2021, 06:00 WIB
Foto yang dirilis Biro Pers Kepolisian Kolombia menunjukkan Dairo Antonio Usuga, dikenal juga sebagai Otoniel, salah satu bandar narkoba paling terkenal yang diborgol di Bogota, pada 23 Oktober 2021. Pasukan keamanan Kolombia menangkap Otoniel, mengakhiri upaya satu dekade pencariannya. Colombia Police Press Office via APFoto yang dirilis Biro Pers Kepolisian Kolombia menunjukkan Dairo Antonio Usuga, dikenal juga sebagai Otoniel, salah satu bandar narkoba paling terkenal yang diborgol di Bogota, pada 23 Oktober 2021. Pasukan keamanan Kolombia menangkap Otoniel, mengakhiri upaya satu dekade pencariannya.

KOMPAS.com – Dialah raja narkoba paling dicari di Kolombia, Dairo Antonio Usuga alias Otoniel. Dia sering disebut-sebut sebagai sosok paling dicari di Kolombia setelah Escobar.

Dilansir Reuters, Otoniel sudah ditangkap militer dalam operasi yang terjadi di Region Uraba pada 23 Oktober 2021.

Penangkapan Otoniel dianggap sebanding dengan terbunuhnya mantan raja narkoba Pablo Escobar pada 1990-an.

Sebenarnya, siapa Otoniel dan apa peran pentingnya?

Baca juga: Sejarah Kartel Narkoba: Dari Kolombia Hingga Meksiko

Siapa Otoniel?

Otoniel memimpin geng kriminal terbesar di Kolombia dan telah berada di daftar buron paling dicari Badan Penegakan Narkoba AS (DEA) selama bertahun-tahun.

Dilansir BBC, Otoniel lahir di Antioquia pada awal 1970-an. Semasa muda, dia sempat bergabung ke dalam kelompok gerilya dan paramiliter.

Tercatat, dia sempat bergabung dengan kelompok pemberontak Marxis-Leninis utama Kolombia yakni FARC dan paramiliter sayap kanan sekaligus geng penyelundup narkoba yakni AUC.

Ketika AUC dibubarkan pada tahun 2005, dia mulai bekerja untuk raja narkoba Daniel Rendon Herrera, yang dikenal sebagai Don Mario.

Don Mario merupakan bos dari kelompok bernama Urabenos, yang kemudian dikenal sebagai Klan Teluk.

Kepemimpinan Klan Teluk kemudian berganti ke tangan Juan de Dios Usuga yang merupakan saudara Otoniel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.