Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 22:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan luas wilayah yang berhasil dikuasainya, ada beberapa kerajaan terbesar di dunia yang berhasil terbentuk sejak awal sejarah manusia.

Beberapa dari kerajaan ini berhasil menguasai wilayah yang terbentang di dua benua atau lebih. Namun, seiring waktu, kekaisaran secara bertahap menjadi bagian dari masa lalu, dan digantikan oleh negara-bangsa modern.

Pada pertengahan hingga akhir abad ke-20, zaman kekaisaran berakhir. Pasalnya, sebagian besar wilayah yang merupakan milik kekaisaran dari kekuatan tertentu memperoleh kemerdekaannya.

Namun demikian, kerajaan cenderung meninggalkan warisan abadi di wilayah yang mereka taklukkan. Bahkan, mereka telah membantu membentuk dunia yang kita kenal sekarang.

Melansir World Atlas, berikut adalah kerajaan terbesar dalam sejarah dunia:

Baca juga: 8 Raja Gila dalam Sejarah Kerajaan Kuno

1. Kerajaan Inggris - 35,5 juta km persegi

Kerajaan Inggris adalah kerajaan terbesar dalam sejarah dunia. Wilayahnya terdiri atas kepemilikan kolonial, yang sekarang menjadi Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara.

Ekspansi kekaisaran Inggris dimulai pada awal abad ke-17. Puncaknya pada 1920, Kerajaan Inggris menguasai 35,5 juta km persegi wilayah.

Orang-orang biasa berkata, “Matahari tidak pernah terbenam di Kerajaan Inggris,” karena kerajaan itu terdiri dari koloni-koloni di seluruh dunia.

Tetapi setelah Perang Dunia II, imperialisme Inggris mulai berkurang, karena Inggris memberikan kemerdekaan kepada sebagian besar harta kolonialnya.

Bekas kolonial Inggris termasuk 13 koloni Amerika Utara yang menjadi Amerika Serikat, Kanada, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru.

Baca juga: Daftar Skandal Kerajaan Inggris

2. Kekaisaran Mongol - 24 juta km persegi

Kekaisaran Mongol membentang wilayah di Asia dan Eropa. Kekaisaran dimulai dengan penyatuan suku Mongol di bawah kepemimpinan Jenghis Khan pada awal abad ke-13.

Dalam waktu sekitar setengah abad, kekaisaran menguasai sebagian besar Eropa Timur, sebagian besar Asia Tengah dan sebagian besar China.

Dari puncak, pertengahan hingga akhir abad ke-13, perbatasan Kekaisaran Mongol terbentang dari Laut Jepang sampai ke Asia Kecil bagian barat (Anatolia, sekarang Turki), meliputi area seluas 24 juta km persegi.

Baca juga: Kisah Jenderal Jebe, Pejuang Andalan Mongol yang Awalnya Ingin Bunuh Jenghis Khan

3. Kekaisaran Rusia - 22,8 juta km persegi

Kekaisaran Rusia dimulai dengan Kerajaan Moskwa, yang terdiri dari wilayah yang mengelilingi ibu kota Rusia saat ini.

Namun, pada pertengahan abad ke-16, Tsar Ivan IV memulai kampanye ekspansi. Pada pertengahan abad ke-17, Kekaisaran Rusia selanjutnya telah mencapai pantai Laut Bering, di seberang tempat yang sekarang menjadi negara bagian Alaska di AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com