Kompas.com - 23/09/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Pada awal Agustus 2021, Presiden Perancis Emmanuel Macron menarik perhatian publik karena kaus yang ia pakai menampilkan logo burung hantu berbentuk geometris.

Saat itu, Macron muncul berpenampilan santai dengan kaus berlogo burung hantu di TikTok untuk memberikan sesi tanya jawab seputar vaksinasi Covid-19.

Namun, logo kaus itu lebih menarik perhatian publik Perancis. Spekulasi lantas bermunculan tentang teori konspirasi yang terkait dengan Klub Bohemian, seperti dilansir The Guardian

Presiden Perancis Emmanuel Macon ketika memakai kaos berlogo burung hantu. [Twitter Via The Guardian]Twitter Via The Guardian Presiden Perancis Emmanuel Macon ketika memakai kaos berlogo burung hantu. [Twitter Via The Guardian]

Baca juga: Kisah di Balik Resep Rahasia Coca Cola

Apa itu Klub Bohemian?

Klub Bohemian adalah klub rahasia yang awal didirikan di San Fransisco pada 1872 oleh sebuah kelompok jurnalis yang menulis untuk San Francisco Examiner.

Klub Bohemian ini memakai burung hantu sebagai totem klub dan berkumpul secara teratur untuk bersosialisasi, minum, dan memakai, serta menikmati pertunjukan teater dan musik, seperti dikutip Britannica.

Tujuan dari kegiatan Klub Bohemian, yang dikutip dari Washington Post, adalah untuk melarikan diri "budaya perbatasan" atau kepentingan-kepentingan yang tidak beradab dari orang-orang biasa.

Setelah lebih dari seabad didirikan, Klub Bohemian berkembang menjadi klub rahasia kelas elite dengan sekitar 2.500 anggota yang semua pria, terdiri dari kalangan seniman, penulis, aktor, pengacara, militer, politisi, pengusaha, dan presiden.

Tokoh paling terkenal yang diketahui sebagai anggota Klub Bohemian di antaranya Richard Nixon (Presiden ke-36 AS) dan Ronald Reagan (Presiden ke-40 AS).

Klub ini memiliki tradisi retret tahunan, yang awalnya menyewa sejumlah besar lahan, sebelum akhirnya membelinya pada 1899, menurut laporan Business Insider.

Mereka mulai memiliki markas permanen pada awal 1930-an di Taylor Street di pusat kota San Francisco.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.