Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Israel Menyerang Kota Isfahan di Iran?

Kompas.com - 23/04/2024, 10:23 WIB
Paramita Amaranggana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

ISRAEL melancarkan serangan dengan menggunakan rudal terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024) dini hari. Amerika Serikat (AS) mengatakan, serangan tersebut tampaknya ditujukan sebagai balasan terhadap serangan Iran ke Israel pada 13 April.

Israel tidak mengonfirmasi keterlibatannya dalam serangan tersebut. Namun, AS mengonfirmasi kepada CBS News bahwa benar rudal Israel menghantam Iran di hari tersebut.

BBC Verify juga mengonfirmasi insiden tersebut. Melalui analisis terhadap dua foto satelit, BBC Verify menemukan adanya kerusakan pada lokasi terjadinya serangan.

Berbalik dengan pernyataan AS atau laporan BBC, Iran tampak meremehkan serangan tersebut. Beberapa pihak Iran, seperti pejabat dan media, memang mengonfirmasi adanya penyerangan. Namun, hal itu hanya dilaporkan sebagai upaya penyerangan yang melibatkan drone kecil, bukan serangan rudal seperti yang dilaporkan AS.

Baca juga: Mengenal Isfahan, Kota Bersejarah yang Jadi Target Serangan Israel ke Iran

Beberapa pihak Iran menyatakan, drone-drone kecil tersebut berhasil ditembak oleh pertahanan udara Iran sebelum sempat menimbulkan kerusakan.

Hossein Dalirian, juru bicara National Centre of Cyberspace Iran mengatakan, Israel “hanya melakukan upaya yang gagal dan memalukan untuk menerbangkan quadcopters (drone).”

Badan Energi Atom Internasional, badan pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ikut mengonfirmasi bahwa serangan Israel Jumat itu tidak menimbulkan kerusakan berarti.

“IAEA memantau situasi ini dengan sangat cermat,” kata Direktur Jenderal Rafael Mariano Grossi.

Para analis dan komentator media Israel berpendapat bahwa kedua belah pihak tampaknya ingin menghindari eskalasi lebih lanjut. “Tampaknya kedua belah pihak ingin terlihat melakukan sesuatu tanpa benar-benar mengambil risiko melakukan sesuatu yang terlalu provokatif,” kata Charles Miller, ahli keamanan di Australian National University.

Pada akhirnya, sulit memastikan informasi mana yang benar dan salah terkait peristiwa itu karena pemerintah Iran mengontrol ketat akses terhadap informasi dalam negerinya. Tetapi ada satu hal yang baik AS maupun Iran sama-sama telah konfirmasi: insiden tersebut terjadi di Kota Isfahan.

Mengenal Kota Isfahan

Kota Isfahan adalah ibu kota Provinsi Isfahan. Kota itu merupakan kota terbesar nomor tiga di Iran. Isfahan terletak di tepi utara Sungai Zayandeh, kira-kira 340 km ke arah selatan Kota Teheran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com