Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narendra Modi Kembali Menangi Pemilu, Apa Artinya bagi Dunia?

Kompas.com - 10/06/2024, 20:57 WIB
Paramita Amaranggana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

Sumber CNN

STATUS India di lanskap internasional mengalami peningkatan di bawah pemerintahan Narendra Modi. Modi, perdana menteri India yang akan memasuki periode ketiga setelah baru saja memenangi pemilu, telah menempatkan India dan ekonomi negara itu bertumbuh cepat sebagai pemain penting dalam isu-isu global seperti perubahan iklim dan pembangunan.

Modi bahkan berhasil mengukuhkan New Delhi sebagai mitra keamanan utama bagi Amerika Serikat (AS) dan calon-calon pemimpin negara berkembang.

Kemenangan Modi baru-baru ini akan memberikan kesempatan kepada pria berusia 73 tahun itu serta partai Hindu nasionalisnya, Bharatiya Janata Party (BJP), lima tahun lagi untuk berkuasa di India dan meningkatkan status global negara tersebut. Kemenangannya juga akan memberikan Modi dan BJP waktu tambahan untuk mengelola hubungannya dengan negara tetangga bersenjata nuklirnya, China dan Pakistan, yang penuh pertikaian dan sengketa perbatasan.

Baca juga: Narendra Modi Dilantik Jadi PM India untuk Masa Jabatan Ketiga

Walau begitu, kemenangan pemilu tersebut secara bersamaan juga menempatkan Modi dalam posisi yang sangat berbeda dari yang apa yang dulu dinikmatinya selama dekade pertama kekuasaannya.

Modi dan BJP kini tidak berhasil mencapai mayoritas mutlak sebagaimana yang diharapkan. Mereka kini harus bergantung pada mitra koalisi untuk membentuk pemerintahan.

Hal tersebut dipandang sebagai kemunduran yang mengejutkan untuk sang pemimpin dan partainya, yang sebelumnya telah dituduh oleh para kritikus sebagai pemicu islamofobia dan kekerasan agama di India, serta penyebab dari pembatasan kebebasan sipil dan kegagalan dalam menyelesaikan masalah pengangguran di kalangan pemuda India.

Sekarang, Modi harus “mencurahkan banyak waktu untuk (urusan dalam negeri) agar pemerintahan tetap utuh dengan koalisi yang memiliki agenda berbeda,” kata TV Paul, penulis “The Unfinished Quest: India’s Search for Major Power Status from Nehru to Modi.

“Gagasan India untuk memaksakan pengaruhnya mungkin jauh lebih tidak layak untuk saat ini, mengingat bahwa masalah kebijakan luar negeri tidak memengaruhi keputusan (pemilu) sebanyak yang diperkirakan orang,” jelasnya.

Politik Kekuasaan

Salah satu aspek dalam ambisi internasional India yang paling tidak mungkin untuk berubah dalam masa jabatan baru Modi adalah hubungan New Delhi dengan Washington – hubungan yang telah membantu dalam mendorong peningkatan profil perdana menteri sebagai pemain yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com