Ratu Elizabeth di Posisi Kedua Raja yang Paling Lama Berkuasa di Dunia, Siapa yang Pertama?

Kompas.com - 13/06/2022, 18:16 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II mencapai tonggak sejarah baru dengan menempati posisi kedua dalam daftar raja yang paling lama berkuasa di dunia.

Pada Minggu (12/6/2022), pemimpin Monarki Inggris itu menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, yang memerintah selama 70 tahun 126 hari antara 1946 dan 2016.

Baca juga: Cerita di Balik Mata Berkaca-kaca Ratu Elizabeth II Saat Tampil di Penutupan Platinum Jubilee

Awal bulan ini, Ratu Elizabeth II melampaui Johan II dari Liechtenstein (yang sebelumnya ada di posisi ketiga), yang memerintah selama 70 tahun dan 91 hari, hingga kematiannya pada Februari 1929.

Pencapaian ini datang saat pemimpin berusia 96 tahun itu merayakan Platinum Jubilee minggu lalu. Acara itu terdiri dari rangkaian empat hari parade, pesta jalanan, dan acara lainnya, setelah dia secara resmi mencapai tonggak sejarah pada 6 Februari tahun ini.

Setelah keberhasilan peringatan 70 tahun kekuasaannya, dia merilis pernyataan berterima kasih kepada bangsa dengan mengatakan merasa 'rendah hati dan sangat tersentuh'.

“Rasa kebersamaan yang diperbarui ini akan dirasakan selama bertahun-tahun yang akan datang,” ujarnya dalam pernyataan itu sebagaimana dilansir Daily Mail pada Minggu (12/6/2022).

Dia menambahkan dalam pernyataannya: “Meskipun saya mungkin tidak menghadiri setiap acara secara langsung, hati saya telah bersama Anda semua; dan saya tetap berkomitmen untuk melayani Anda dengan kemampuan terbaik saya, didukung oleh keluarga saya.”

Baca juga: Pangeran Charles Sampaikan Pidato Emosional untuk Ratu Elizabeth II: Anda Terus Membuat Sejarah

Rekor ini menambah panjang deretan penghargaan Ratu Eliazabeth lainnya - termasuk gelarnya sebagai pemimpin monarki Inggris yang paling lama memerintah.

Ratu Elizabeth II menjadi raja pada usia 25, setelah kematian ayahnya pada dini hari, 6 Februari 1952.

Dia secara resmi menjadi raja Inggris yang paling lama memerintah pada September 2015, melampaui nenek buyutnya Ratu Victoria. Dia juga menjadi raja wanita yang paling lama memerintah dalam sejarah dunia pada hari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.