Kompas.com - 20/10/2021, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah, perancang busana telah memainkan peran penting.

Dalam upaya membentuk dan merepresentasikan perubahan radikal dalam kesadaran sosial, para sosok berikut ini bisa dibilang sangat berpengaruh.

Dilansir laman Hocking College, berikut 7 perancang busana terbesar yang berperan membentuk sejarah.

Baca juga: Ini Deretan Hotel Mewah yang Didesain Perancang Busana (I)

Gabrielle “Coco” Chanel (1920an)

Chanel lahir di Saumur, Perancis, pada saat wanita diharapkan mengenakan pakaian ketat berlapis-lapis seperti korset untuk mendapatkan siluet sempurna.

Dibesarkan di sebuah biara membuat Chanel belajar menjahit sebelum terjun ke dunia fashion sebagai pembuat topi yang sukses.

Pada tahun 1919, ia membuka toko pakaian di Paris dengan tujuan mendorong wanita berpakaian dengan cara yang lebih nyaman dan bergaya.

Gaun-gaun yang dibuatnya terbuat dari bahan pakaian pria, seperti jersey, dan menampilkan pinggang yang melorot, rok selutut, dan dihiasi dengan aksesori mutiara.

Pakaian sederhana dan modern yang ia ciptakan menjadi tolok ukur keanggunan yang benar-benar tidak pernah ketinggalan zaman.

Beberapa kontribusi Chanel yang paling terkenal di dunia mode adalah celana yachting, jaket tweed, atasan Brenton yang terinspirasi pelaut, dan kreasi khasnya, The Little Black Dress (LBD).

Baca juga: Ini Deretan Hotel Mewah yang Didesain Perancang Busana (II)

Elsa Schiaparelli (1930an)

Terlahir dari keluarga Italia kelas atas, Schiaparelli diharapkan menikah dengan baik dan menjadikan suami dan keluarganya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.