Kompas.com - 28/05/2021, 06:03 WIB

KOMPAS.com - Perang seringkali ditandai dengan mempertaruhkan nyawa pemuda atau pemudi untuk menang mempertahankan harga diri dan kebenaran nasional atau bahkan seluruh dunia.

Namun, ada juga perang yang pernah terjadi di dunia ini karena alasan yang cukup konyol, seperti memperebutkan ember, babi, dan anak anjing yang menggemaskan.

Berikut sejumlah kisah perang konyol yang pernah ada, meliputi trik murahan, akhir yang menggelikan hingga perang yang paling tidak perlu sepanjang masa, seperti yang dilansir dari Military.com:

Baca juga: Kisah Perang Dunia 1: Sejarah dan Penyebab Pertempuran

1. Perang kue

Setelah toko kue Mexico City dihancurkan oleh gerombolan pelanggar hukum pada 1828, pemiliknya yang merupakan seorang koki Perancis bernama Remontel meminta pemerintah Meksiko untuk membayar ganti rugi.

Namun, permintaannya hanya diabaikan. Sehingga, dia mencoba meminta bantuan pemerintah Perancis, tetapi sama saja ia tidak mendapatkan respons baik saat itu.

Semua orang, kecuali mungkin Remontel dengan cepat melupakan permintaannya itu.

Sepuluh tahun kemudian, insiden itu entah bagaimana menarik perhatian Raja Louis-Phillipe.

Ia tiba-tiba menuntut orang Meksiko untuk membayar Remontel, termasuk suku bunga 90 persen. Ketika mereka menolak, Perancis memblokade Meksiko dan menduduki kota Veracruz.

Kebenaran paling menyedihkan di balik Perang Kue ini adalah bahwa tidak ada yang benar-benar peduli dengan kue atau tokonya Remontel.

Mereka hanya menginginkan uang. Jenderal Meksiko Antonio Lopez de Santa Anna keluar dari pensiun untuk melawan Perancis, tetapi bahkan dia tidak bisa membantu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Military
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.