Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaesong Masih Beroperasi

Kompas.com - 01/04/2013, 02:33 WIB

SEOUL, MINGGU - Walau situasi di Semenanjung Korea terus memanas dan seolah makin mendekati peperangan, kawasan industri kerja sama Korea Utara dan Korea Selatan di kota Kaesong, Korea Utara, masih tetap beroperasi hingga Minggu (31/3).

Sehari sebelumnya, Pyongyang mengancam akan menutup satu- satunya proyek kerja sama Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) yang didirikan tahun 2004 tersebut.

Dalam kawasan industri dekat perbatasan itu, sedikitnya 120 perusahaan asal Korsel beroperasi dan mempekerjakan 53.000 warga Korut.

”Tidak ada persoalan di kompleks industri Kaesong. Sejauh ini, kompleks masih beroperasi,” ujar seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, yang membawahkan kawasan industri Kaesong.

Kompleks industri tersebut berada di wilayah Korut, sekitar 10 kilometer sebelah utara perbatasan kedua negara.

Selama ini, kerja sama di Kaesong itu menjadi pemasukan keuangan berharga bagi Korut. Kompleks industri Kaesong memproduksi berbagai macam barang, mulai dari sepatu hingga jam, dengan nilai produksi mencapai 470 juta dollar AS per tahun.

Ketegangan di antara kedua Korea semakin memuncak sejak Sabtu lalu ketika Pyongyang memperingatkan Seoul dan sekutunya, Amerika Serikat (AS) bahwa setiap provokasi dari keduanya akan berdampak sangat buruk.

Dalam pernyataan resmi, seperti dikutip kantor berita KCNA, Pyongyang mengancam akan menggelar perang total terbuka, termasuk perang nuklir.

Ketegangan ini dipicu sanksi terbaru Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait uji coba roket jarak jauh dan senjata nuklir ketiga Korut, beberapa waktu lalu. Kemarahan Korut bertambah setelah AS dan Korsel menggelar latihan militer gabungan yang melibatkan pesawat-pesawat pengebom canggih milik AS.

Hari Minggu, Komite Sentral Partai Para Pekerja Korea, lembaga pengambil keputusan tertinggi di Korut, menyatakan tak akan menyerahkan senjata nuklirnya dengan apa pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com