Kompas.com - 30/11/2012, 18:42 WIB
EditorBenny N Joewono

SLEMAN, KOMPAS.com - Penyelenggaraan haji Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dapat berjalan lancar, aman dan sukses sehingga jemaah haji asal daerah ini dapat kembali dengan selamat.

"Penyelenggaraan haji di Kabupaten Sleman pada tahun 1434-H/2012-M berjalan dengan lancar," kata Edy Gunawan dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman, pada acara Mangayubagya Jemaah Haji Kabupaten Sleman, di Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (30/11/2012).

Menurut dia, jemaah haji Kabupaten Sleman yang diberangkatkan berjumlah 1.190 orang terdiri dari enam kloter, dan pada saat kembali ke kabupaten Sleman berjumlah 1.189 orang.

"Satu orang meninggal di tanah suci karena sakit dan dimakamkan disana yaitu Supri Hadiwiyoto bin Partoharjo, yang beralamat Bimomartani, Ngemplak Sleman," katanya.

Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu dalam kesempatan tersebut berharap kepada jemaah haji yang telah kembali untuk terus menjaga kemabrurannya dengan cara meningkatkan ibadahnya, sedekahnya dan juga menjadikan para jemaah haji ini menjadi panutan dan tauladan di masyarakat.

"Kami harapkan para jemaah haji untuk memupuk toleransi dan solidaritas di dalam masyarakat baik yang seiman atau dengan masyarakat yang memiliki kepercayaan lain sehingga dapat tercipta stabilitas keamanan dan perdamaian di kabupaten Sleman," katanya.

Yuni mengingatkan bahwa Kabupaten Sleman ini adalah miniatur Indonesia karena banyak sekali terdapat perguruan tinggi di Kabupaten Sleman, sehingga menjadi tujuan dari seluruh masyarakat Indonesia yang berbeda suku, bahasa, agama dan warna kulit yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Kabupaten Sleman ini.

"Jemaah Haji agar bisa menjadi pionir dalam melaksanakan toleransi di dalam masyarakat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.