Thailand dan Kamboja Menarik Pasukan

Kompas.com - 19/07/2012, 02:27 WIB
Editor

PHNOM PENH, RABU - Militer Kamboja dan Thailand, Rabu (18/7), sama-sama menarik pasukan mereka dari wilayah perbatasan darat di dekat situs Warisan Budaya Dunia Candi Preah Vihear, yang selama ini disengketakan.

Proses penarikan baru dijalankan setahun setelah Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) memerintahkan kedua belah pihak melakukan proses demiliterisasi.

Seperti diwartakan, sengketa yang terjadi di antara kedua negara pada tahun 2011 telah memicu aksi saling serang, yang mengakibatkan sejumlah korban jiwa dan luka dari kedua belah pihak.

”Sekarang waktu yang tepat mengimplementasikan putusan ICJ,” ujar Menteri Pertahanan Kamboja Tea Banh saat berpidato dalam upacara penarikan pasukan.

Akan tetapi, dalam pidato yang ditayangkan langsung stasiun televisi Pemerintah Kamboja itu, Banh memperingatkan, proses penarikan tidak menjamin perdamaian total sudah terjadi di sana.

Setelah penarikan pasukan, kedua negara diharapkan menempatkan personel kepolisian dan penjaga keamanan sebagai pengganti tentara.

Pemerintah Kamboja dilaporkan menarik 500 personel militernya dari kawasan Preah Vihear. Mereka kemudian digantikan oleh 250 polisi dan 100 petugas keamanan.

Candi bersejarah dari abad ke-11 itu ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia milik Kamboja. Namun, akses jalan masuk ke candi itu berlokasi di wilayah Thailand.

Acuan tim pemantau

Yutthasak Sasiprapa, Wakil Perdana Menteri Thailand untuk Urusan Keamanan Nasional, memastikan pihaknya juga melakukan langkah sama, menarik dan mengganti personel militernya dari sana.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.