Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Sukai Rudd, tetapi Partai Memilih Gillard

Kompas.com - 28/02/2012, 07:41 WIB

Pada akhir pekan lalu mantan Menteri Luar Negeri dan mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd disambut bak selebritas ketika dia berjalan-jalan di Brisbane. Rudd seperti sedang melakukan kampanye pemilihan umum menjelang pemilihan untuk menjadi Ketua Partai Buruh Australia, sekaligus akan menjadi PM. Dalam politik Australia, ketua partai otomatis menjadi PM.

Tiga jajak pendapat nasional menunjukkan Rudd adalah calon pilihan rakyat kebanyakan dibandingkan PM saat ini, Julia Gillard. Dukungan terhadap Rudd lebih dari 55 persen dan Gilllard hanya mendapatkan suara 20-30 persen.

Namun, konsensus di kalangan media sudah mengatakan Gillard akan menang. Ini karena dalam pemungutan suara Senin pagi tersebut hanya 103 anggota parlemen federal Partai Buruh yang memberikan suara. Kelompok ini dinamakan kaukus. Dukungan bagi Gillard diperkirakan sudah lebih dari 60 suara.

Rudd membawa Partai Buruh merebut kemenangan pemilu tahun 2007. Ia kemudian ”dikudeta” oleh Gillard pada tahun 2010. Rudd populer di kalangan rakyat, tetapi tidak mendapatkan dukungan dari rekan-rekan di partainya. Mengapa demikian? ”Rudd hanya disukai oleh orang-orang yang tidak mengenalnya,” demikian pendapat seorang kolumnis Australia.

Beberapa menteri yang pernah bertugas di bawah Rudd dan Gillard memberikan gambaran perbedaan kerja kedua tokoh. ”Dari pengalaman bekerja di bawah keduanya, saya memutuskan untuk mendukung Gillard,” kata Menteri Keuangan Penny Wong.

”Saya ragu apakah saya akan diminta menjabat lagi, tetapi kalau diminta, saya akan menolak,” kata Jaksa Agung Nixola Roxon, seandainya Rudd menang. Wong, Roxon, dan sejumlah menteri senior lain, termasuk Menteri Keuangan Wayne Swann, terang-terangan menyatakan mendukung Gillard.

Wartawan senior Australia, Laurie Oakes, membeberkan pengamatan seseorang yang pernah bekerja di pemerintahan semasa Rudd berkuasa dari tahun 2007 sampai 2010. ”Pemerintahan Rudd tidak pernah dan tidak akan menjadi pemerintahan yang berfungsi dengan baik. Masalahnya adalah pada pemimpin utama,” demikian kesimpulan pejabat tersebut.

”Rudd bukan manajer yang baik dan sering berperilaku kasar terhadap bawahan yang tidak memiliki pandangan yang sama dengan dia,” demikian inti kritik terhadap gaya kepemimpinan Rudd. Tampaknya kebanyakan para anggota parlemen Partai Buruh enggan kembali ke gaya pemerintahan seperti itu.

Tak seiring

Rudd sudah mengakui bahwa dia memiliki berbagai kelemahan dan menyatakan sudah berubah. Karena merasa argumentasinya belum bisa diterima oleh kalangan partai, Rudd meminta kepada rakyat kebanyakan untuk menelepon/menghubungi anggota parlemen Partai Buruh guna mendukung Rudd.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com