Kecelakaan Kereta di Argentina, 49 Orang Tewas

Kompas.com - 23/02/2012, 02:26 WIB
EditorTri Wahono

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Tak kurang dari 49 orang tewas dan lebih dari 550 orang luka-luka akibat insiden kecelakaan kereta api di Buenos Aires, Argentina, Rabu (22/2/2012) pagi waktu setempat. Demikian data terbaru yang dilansir kepolisian setempat.

"Dengan sedih, saya harus mengatakan bahwa 49 orang meninggal dalam kecelakaan ini, termasuk di antaranya anak-anak," kata juru bicara kepolisian, Nestor Rodriguez, dalam konferensi pers. Saat kereta tersebut mengalami kecelakaan, jumlah penumpang di dalamnya sekitar 800 orang.

Kereta komuter yang penuh penumpang melaju terlalu cepat saat memasuki Stasiun Once sehingga menabrak peron. Tabrakan menyebabkan gerbong ringsek, kaca-kaca pecah, dan penumpang tergencet di dalam gerbong.

Sebelumnya, Menteri Transportasi Argentina Juan Pablo Schiavi mengatakan, kereta tersebut memasuki Stasiun Once dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Ia menduga ada masalah dalam pengereman sehingga kereta keluar jalur. Saat ini tengah dilakukan penyelidikan.

Kecelakaan ini merupakan insiden terburuk yang terjadi di bidang transportasi kereta api di Argentina. Insiden terburuk sebelumnya terjadi tahun 1970 yang menewaskan 230 orang dan tahun 1978 dengan korban tewas 55 orang.

Stasiun Once berlokasi di Plaza Miserere, tepat di jantung kota Buenos Aires. Jalur kereta api Sarmiento menghubungkan Stasiun Once dengan Moreno, yang terletak di bagian barat Buenos Aires.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.