Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Kereta di Argentina, 49 Orang Tewas

Kompas.com - 23/02/2012, 02:26 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Tak kurang dari 49 orang tewas dan lebih dari 550 orang luka-luka akibat insiden kecelakaan kereta api di Buenos Aires, Argentina, Rabu (22/2/2012) pagi waktu setempat. Demikian data terbaru yang dilansir kepolisian setempat.

"Dengan sedih, saya harus mengatakan bahwa 49 orang meninggal dalam kecelakaan ini, termasuk di antaranya anak-anak," kata juru bicara kepolisian, Nestor Rodriguez, dalam konferensi pers. Saat kereta tersebut mengalami kecelakaan, jumlah penumpang di dalamnya sekitar 800 orang.

Kereta komuter yang penuh penumpang melaju terlalu cepat saat memasuki Stasiun Once sehingga menabrak peron. Tabrakan menyebabkan gerbong ringsek, kaca-kaca pecah, dan penumpang tergencet di dalam gerbong.

Sebelumnya, Menteri Transportasi Argentina Juan Pablo Schiavi mengatakan, kereta tersebut memasuki Stasiun Once dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Ia menduga ada masalah dalam pengereman sehingga kereta keluar jalur. Saat ini tengah dilakukan penyelidikan.

Kecelakaan ini merupakan insiden terburuk yang terjadi di bidang transportasi kereta api di Argentina. Insiden terburuk sebelumnya terjadi tahun 1970 yang menewaskan 230 orang dan tahun 1978 dengan korban tewas 55 orang.

Stasiun Once berlokasi di Plaza Miserere, tepat di jantung kota Buenos Aires. Jalur kereta api Sarmiento menghubungkan Stasiun Once dengan Moreno, yang terletak di bagian barat Buenos Aires.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com