Oposisi Tinggal Rebut Dua Kota

Kompas.com - 16/09/2011, 20:25 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Sedikit demi sedikit, oposisi tinggal menguasai dua kota terakhir basis pendukung Moammar Khadafy. Kota itu adalah Sirte dan Bani Walid. Menurut warta Al-Jazeera pada Jumat (16/9/2011), oposisi yang tergabung dalam Dewan Transisi Nasional (NTC) sudah memasuki kota-kota itu.

Sementara itu, baku tembak masih saja terjadi di situ. Pasukan oposisi mengaku sudah mengepung Bani Walid selama tiga minggu. Kota tersebut berjarak 180 kilometer sebelah selatan Tripoli.

Pada Jumat pagi, Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan mendarat di Tripoli. Kedatangannya untuk menunjukkan dukungan bagi NTC demi mengakhiri 42 tahun rezim Moammar Khadafy.

Sehari sebelumnya, PM Inggris David Cameron dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy juga bertandang ke Tripoli dan Benghazi. Keduanya menegaskan, pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tetap menjalankan misi di Libya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.