Badan PBB Ancam Hentikan Operasi di Gaza

Kompas.com - 22/07/2011, 14:49 WIB
EditorEgidius Patnistik

GAZA, KOMPAS.com - Sebuah badan PBB yang memberi bantuan kepada para pengungsi Palestina mengancam akan menghentikan kegiatan di Jalur Gaza jika para demonstran tidak berhenti ikut campur dengan pekerjaan lembaga itu, kata media lokal.

Puluhan penduduk lokal di Gaza telah memblokir pintu masuk ke markas Badan Pekerja dan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sebagai protes terhadap keputusan lembaga itu yang memotong beberapa program bantuannya. "Jika mereka terus memblokir pintu gerbang di markas, kami akan mulai berpikir untuk menghentikan kegiatan kami dalam sepekan," kata juru bicara UNRWA, Chris Gunness, kepada wartawan setempat, Kamis malam.

Gunness menyebutkan protes-protes itu tidak bertanggung jawab dan tidak masuk akal karena badan PBB terus menawarkan kepada pengungsi Palestina beberapa layanan bantuan dasar, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, meskipun mengalami defisit anggaran sebesar 35 juta dollar AS. UNRWA didanai hampir seluruhnya oleh sumbangan sukarela dari negara-negara anggota PBB.

Gerakan radikal Hamas, yang menguasai Gaza, Kamis, mengabaikan ancaman UNRWA untuk menghentikan operasi dan meminta warga Palestina melanjutkan aksi duduk mereka di kantor pusat UNRWA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.