Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan PBB Ancam Hentikan Operasi di Gaza

Kompas.com - 22/07/2011, 14:49 WIB

GAZA, KOMPAS.com - Sebuah badan PBB yang memberi bantuan kepada para pengungsi Palestina mengancam akan menghentikan kegiatan di Jalur Gaza jika para demonstran tidak berhenti ikut campur dengan pekerjaan lembaga itu, kata media lokal.

Puluhan penduduk lokal di Gaza telah memblokir pintu masuk ke markas Badan Pekerja dan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sebagai protes terhadap keputusan lembaga itu yang memotong beberapa program bantuannya. "Jika mereka terus memblokir pintu gerbang di markas, kami akan mulai berpikir untuk menghentikan kegiatan kami dalam sepekan," kata juru bicara UNRWA, Chris Gunness, kepada wartawan setempat, Kamis malam.

Gunness menyebutkan protes-protes itu tidak bertanggung jawab dan tidak masuk akal karena badan PBB terus menawarkan kepada pengungsi Palestina beberapa layanan bantuan dasar, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, meskipun mengalami defisit anggaran sebesar 35 juta dollar AS. UNRWA didanai hampir seluruhnya oleh sumbangan sukarela dari negara-negara anggota PBB.

Gerakan radikal Hamas, yang menguasai Gaza, Kamis, mengabaikan ancaman UNRWA untuk menghentikan operasi dan meminta warga Palestina melanjutkan aksi duduk mereka di kantor pusat UNRWA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com