Fatah dan Hamas Bentuk Pemerintahan

Kompas.com - 28/05/2011, 08:05 WIB
EditorJosephus Primus

KOTA GAZA, KOMPAS.com — Seorang pejabat senior di partai Presiden Palestina Mahmud Abbas, Fatah, Jumat (27/5/2011), mengatakan, pemerintah persatuan nasional akan dibentuk dalam waktu 10 hari. Seorang anggota Komite Sentral Fatah, Nabil Shaath, mengatakan pada suatu taklimat di Jalur Gaza setelah pertemuan dengan para pemimpin Hamas bahwa pemerintah teknokrat Palestina akan dibentuk dalam waktu 10 hari.    

"Pertemuan itu positif dan kami menekankan penerapan kesepakatan perujukan yang ditandatangani di Kairo, Mesir, pada 4 Mei, dan sebagai hasil dari kesepakatan tersebut, pemerintah itu akan dibentuk," kata Shaath kepada wartawan.    

Fatah dan Hamas (Haraqath Al-Muqawwamah Al-Islamiyah) sepakat membentuk pemerintah sementara, menata kembali pasukan keamanan dan memperbarui Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), demikian antara lain isi kesepakatan perujukan tersebut. "Dua pekan setelah pembentukan pemerintah, parlemen Palestina akan bersidang dan beberapa komite akan dibentuk guna melaksanakan kesepakatan itu," kata Shaath, yang tiba di Jalur Gaza pada Kamis (26/5/2011).   Namun, ia tidak bersedia mengungkapkan para calon di dalam pemerintah baru mendatang.    

Sementara itu, Shaath mengatakan, ia akan menyelenggarakan pembicaraan dengan perdana pemerintah Hamas yang dibekukan, Ismail Haniya. Ia menambahkan, "Saya akan bertemu dengan Haniya, Minggu."    

Shaath juga mengatakan, ia memutuskan untuk tetap berada di Jalur Gaza. "Saya datang untuk memperbaiki dan mengecat rumah saya dan saya akan membawa keluarga saya ke Jalur Gaza pekan depan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.