Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Korea Sepakat Berunding

Kompas.com - 07/06/2013, 02:28 WIB

SEOUL, KAMIS - Enggan menyia-nyiakan peluang emas, pejabat Korea Selatan langsung mengajak pemerintah negeri seterunya, Korea Utara, bertemu pekan depan di Seoul. Pertemuan akan membahas, terutama, pembukaan kembali kawasan industri bersama di Kaesong.

Pengumuman lokasi dan waktu pertemuan yang disampaikan pada Kamis (6/6) itu menyusul pernyataan Pemerintah Korea Utara beberapa jam sebelumnya bahwa Pyongyang membuka diri untuk berdialog.

Pihak Korut juga mempersilakan Korea Selatan mengatur waktu dan tempat pertemuan. Menteri Unifikasi Korsel Ryoo Kihl-jae mengusulkan pertemuan berlangsung 12 Juni mendatang.

”Kami sangat berharap antara kedua Korea kembali bisa membangun rasa saling percaya lewat kesempatan ini,” ujar Ryoo.

Jika sukses, pertemuan itu bakal menjadi forum negosiasi resmi pertama antara kedua negara setelah beberapa tahun. Ajakan perundingan itu terjadi tak terduga di tengah ketegangan di Semenanjung Korea yang memuncak dalam beberapa bulan belakangan.

”Saya berharap pertemuan ini akan menghasilkan sebuah momentum bagi Korea Utara dan Selatan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang tertunda, melalui dialog dan upaya membangun kepercayaan,” ujar Presiden Korsel Park Geun-hye.

Kawasan industri bersama Kaesong ditutup sekitar awal April menyusul ketegangan yang semakin memuncak antarkedua negara. Penutupan diawali penarikan semua pekerja Korut keluar dari Kaesong.

Sejak awal didirikan, sebanyak 120 perusahaan Korsel beroperasi di Kaesong yang terletak di wilayah Korut dan mempekerjakan sedikitnya 53.000 warga Korut.

China sambut baik

China, yang selama ini menjadi sekutu terdekat Korut, menyambut baik rencana pertemuan negosiasi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com