Kompas.com - 21/05/2013, 14:15 WIB
EditorErvan Hardoko

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pasukan Israel yang berpatroli di wilayah sengketa dataran tinggi Golan di sepanjang perbatasan dengan Suriah, Selasa (21/5/2013), membalas tembakan ke wilayah Suriah setelah ditembaki sehari sebelumnya. Demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Israel.

"Serangan kemarin ditujukan terhadap patroli tentara Israel di perbatasan Golan. Serangan itu menghancurkan sebuah kendaraan militer. Tak ada korban dalam serangan itu," demikian Kemenhan Israel.

"Sebagai respon, pasukan Israel balas menyerang ke arah sumber tembakan. Mereka melaporkan berhasil mengenai sumber tembakan musuh," lanjut pernyataan itu.

"Militer Israel prohaton dengan insiden terbaru di wilayah utara ini dan sudah menyampaikan keluha kepada pasukan PBB UNDOF," tambah Kemenhan.

Sebelumnya, pada Senin (20/5) pagi, angkatan darat Israel melaporkan tembakan persenjataan ringan dari wilayah Suriah mengenai Golan yang diduduki Israel, meski tidak menimbulkan korban dan kerusakan.

Dataran Tinggi Golan selalu menjadi sumber ketegangan sejak konflik Suriah berawal dua tahun lalu.

Namun, sejauh ini hanya terjadi empat insiden kecil, yaitu berupa tembakan dari wilayah Suriah dan jatuh di kawasan garis gencatan senjata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pekan lalu, peluru Suriah menghantam Gunung Hermon, menyebabkan kawasan yang populer di kalangan wisawatan itu harus ditutup sementara.

Israel, yang secara teknis masih berperang dengan Suriah, menguasai 1.200 kilometer persegi dataran tinggi Golan yang strategis setelah Perang Enam Hari 1967. Meski Israel kini menduduki Golan, namun dunia internasional tidak mengakuinya sebagai wilayah negeri Yahudi itu.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.