Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Israel di Golan Balas Tembakan Suriah

Kompas.com - 21/05/2013, 14:15 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pasukan Israel yang berpatroli di wilayah sengketa dataran tinggi Golan di sepanjang perbatasan dengan Suriah, Selasa (21/5/2013), membalas tembakan ke wilayah Suriah setelah ditembaki sehari sebelumnya. Demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Israel.

"Serangan kemarin ditujukan terhadap patroli tentara Israel di perbatasan Golan. Serangan itu menghancurkan sebuah kendaraan militer. Tak ada korban dalam serangan itu," demikian Kemenhan Israel.

"Sebagai respon, pasukan Israel balas menyerang ke arah sumber tembakan. Mereka melaporkan berhasil mengenai sumber tembakan musuh," lanjut pernyataan itu.

"Militer Israel prohaton dengan insiden terbaru di wilayah utara ini dan sudah menyampaikan keluha kepada pasukan PBB UNDOF," tambah Kemenhan.

Sebelumnya, pada Senin (20/5) pagi, angkatan darat Israel melaporkan tembakan persenjataan ringan dari wilayah Suriah mengenai Golan yang diduduki Israel, meski tidak menimbulkan korban dan kerusakan.

Dataran Tinggi Golan selalu menjadi sumber ketegangan sejak konflik Suriah berawal dua tahun lalu.

Namun, sejauh ini hanya terjadi empat insiden kecil, yaitu berupa tembakan dari wilayah Suriah dan jatuh di kawasan garis gencatan senjata.

Pekan lalu, peluru Suriah menghantam Gunung Hermon, menyebabkan kawasan yang populer di kalangan wisawatan itu harus ditutup sementara.

Israel, yang secara teknis masih berperang dengan Suriah, menguasai 1.200 kilometer persegi dataran tinggi Golan yang strategis setelah Perang Enam Hari 1967. Meski Israel kini menduduki Golan, namun dunia internasional tidak mengakuinya sebagai wilayah negeri Yahudi itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com