Kompas.com - 01/05/2013, 16:42 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Harian The Washington Post, Rabu (1/5/2013), menerbitkan sebuah artikel yang mengungkap rencana Presiden AS Barack Obama mengirim senjata mematikan untuk para pemberontak Suriah.

Mengutip sejumlah sumber di pemerintah AS, harian itu mengabarkan, presiden juga tengah memperkuat hubungan dengan para sekutu untuk menjadi jalan menyingkirkan Presiden Bashar al-Assad.

Presiden Obama, lanjut The Post, akan mematangkan persiapan pengiriman senjata itu dan keputusan final akan diambil dalam beberapa pekan ke depan.

Sebelumnya, Presiden Obama sudah melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, seputar penggunaan senjata kimia di Suriah.

Sejumlah laporan yang muncul pada Rabu menyebut pemerintah AS tengah berupaya meyakinkan Presiden Putin bahwa muncul dugaan pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia.

Pemerintah AS juga mengatakan kemungkinan penggunaan senjata kimia ini bisa membuat Obama mempertimbangkan kembali penolakannya atas penggunaan opsi militer di Suriah.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (30/4/2013) di Gedung Putih, Obama memperingatkan, agar tidak terburu-buru menghakimi bahwa Suriah menggunakan senjata kimia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, dia mengatakan jika bukti-bukti kuat menunjukkan Suriah benar-benar menggunakan senjata kimia maka itu akan memicu pertimbangan untuk menggunakan kekuatan militer.

"Saya harus memastikan bahwa saya benar-benar telah mendapatkan fakta. Itu yang diinginkan rakyat Amerika." kata Obama.

"Jika saya merasa yakin bahwa rezim Assad menggunakan senjata kimia, maka permainan telah berubah. Artinya, saya harus memikirkan kembali sejumlah opsi yang tersedia saat ini," tambah Obama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.