Kompas.com - 22/03/2013, 19:46 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah di Provinsi Guizhou, China, membatalkan pernikahan seorang gadis kecil berusia 12 tahun yang dijual ayahnya sendiri ke seorang pemuda berusia 28 tahun. Demikian sejumlah media di China melaporkan, Jumat (22/3/2013).

Gadis kecil itu dilaporkan tinggal bersama ayahnya yang sakit-sakitan di sebuah desa miskin di Provinsi Guizhou. Sang ayah, yang sudah bercerai dengan ibu si gadis kecil, bekerja di kota lain.

Mantan istrinya, yang tinggal bersama putri terkecilnya, mengetahui pernikahan ganjil itu ketika berkunjung ke desa untuk menghadiri sebuah pemakaman. Mengetahui hal itu, ibu gadis kecil tersebut langsung melapor ke polisi.

Situs China News Service mengabarkan, pemerintah setempat kemudian membatalkan pernikahan itu karena pengantin perempuan belum cukup umur. Pernikahan itu pun kabarnya digelar demi sejumlah uang.

Pemerintah kemudian memutuskan agar gadis cilik itu menyelesaikan sekolahnya dan akan memberi bantuan keuangan untuk keluarganya.

Di China, jutaan anak "ditinggal" di desa dengan kerabatnya, sementara orangtuanya bekerja di perkotaan. Anak-anak itu ditinggal karena orangtua tak memiliki cukup uang jika harus membawa mereka.

Situs berita lainnya, Zhingguoshikewang, mengatakan, pernikahan "dini" itu menunjukkan betapa sulit kehidupan bagi anak-anak yang ditinggalkan itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.