Kompas.com - 12/03/2013, 15:30 WIB
EditorErvan Hardoko

VATIKAN, KOMPAS.com — Para kardinal, Selasa (12/3/2013), akan memasuki Kapel Sistine untuk berunding dan memilih paus baru pengganti Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Selama berunding, hubungan para kardinal ini dengan dunia luar "diputus" dan mereka akan dikunci di dalam Kapel Sistine hingga paus baru terpilih.

Sebelum terputus dari dunia luar, beberapa kardinal mengirimkan pesan terakhir melalui Twitter.

"Tweet terakhir sebelum konklaf: Semoga Bapa mendengar dan menjawab dengan cinta semua doa dan pengorbanan akan berbuah. Tuhan memberkati!" kata Kardinal Afrika Selatan, Wilfrid Napier, kepada ribuan follower-nya.

Para kardinal ini akan diisolasi di dalam tembok Vatikan selama konklaf, yang bisa berlangsung selama beberapa hari.

Peralatan untuk menghambat sinyal telekomunikasi dipasang di Kapel Sistine, dan Vatikan menegaskan siapa pun yang ketahuan menggunakan Twitter akan dikucilkan.

Sebelum pindah ke tempat tinggal yang disediakan di Vatikan, tempat ke-115 kardinal makan dan tidur selama konklaf, Kardinal AS Roger Mahony juga mengirimkan pesan.

"Tweet terakhir sebelum pindah ke Casa Santa Martha dan misa untuk memilih paus," kata Mahony.

"Konklaf pertama akan berlangsung Selasa sore. Kami membutuhkan doa," tambahnya.

Sementara itu, juru bicara Kardinal Perancis, Philippe Barbarin, mengirimkan pesan bahwa ketiga kardinal Perancis sudah masuk ke Vatikan.

"Dan sekarang, kesunyian besar," ujarnya.

Sedangkan juru bicara Konferensi Uskup Katolik AS, Mary Ann Walsh, menyarankan keprihatinannya melalui akun Twitter-nya.

"Dalam era elektronik ini, saya khawatir beberapa kardinal akan berhenti sejenak menggunakan iPad dan Twitter," ujarnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X