Kompas.com - 12/03/2013, 13:15 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Sebuah helikopter milik pasukan NATO jatuh di Provinsi Kandahar, Afganistan, Senin (11/3/2013) malam, akibat cuaca buruk. Insiden ini menewaskan lima serdadu NATO.

Kepolisian Kandahar mengatakan, pada Senin malam itu hujan turun sangat deras dan mengakibatkan helikopter itu jatuh di Distrik Daman.

"Penyebab jatuhnya helikopter masih dalam penyelidikan. Namun, laporan awal menyebut tidak ada aktivitas musuh di lokasi jatuhya helikopter," demikian pernyataan resmi Pasukan NATO di Afganistan (ISAF).

"Cuaca sangat buruk di lokasi dan helikopter itu jatuh pada sekitar pukul 22.00. Tak ada serangan pemberontak saat itu," kata Kepala Kepolisian Provinsi Kandahar, Jenderal Abdul Razeq.

Helikopter jatuh adalah hal biasa di Afganistan, di mana operasi militer NATO sangat mengandalkan transportasi udara.

Agustus tahun lalu, tujuh prajurit AS dan empat prajurit Afganistan tewas saat sebuah helikopter Black Hawk jatuh di Kandahar. Saat itu, Taliban menyatakan bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Sementara pada Agustus 2011 sebuah helikopter angkut Chinook ditembak jatuh Taliban di dekat Kabul, menewaskan delapan prajurit Afganistan dan 30 serdadu AS, termasuk 22 anggota Navy SEALS yang ikut dalam operasi penggerebekan Osama bin Laden di Pakistan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.