Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter NATO Jatuh di Kandahar, 5 Serdadu Tewas

Kompas.com - 12/03/2013, 13:15 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Sebuah helikopter milik pasukan NATO jatuh di Provinsi Kandahar, Afganistan, Senin (11/3/2013) malam, akibat cuaca buruk. Insiden ini menewaskan lima serdadu NATO.

Kepolisian Kandahar mengatakan, pada Senin malam itu hujan turun sangat deras dan mengakibatkan helikopter itu jatuh di Distrik Daman.

"Penyebab jatuhnya helikopter masih dalam penyelidikan. Namun, laporan awal menyebut tidak ada aktivitas musuh di lokasi jatuhya helikopter," demikian pernyataan resmi Pasukan NATO di Afganistan (ISAF).

"Cuaca sangat buruk di lokasi dan helikopter itu jatuh pada sekitar pukul 22.00. Tak ada serangan pemberontak saat itu," kata Kepala Kepolisian Provinsi Kandahar, Jenderal Abdul Razeq.

Helikopter jatuh adalah hal biasa di Afganistan, di mana operasi militer NATO sangat mengandalkan transportasi udara.

Agustus tahun lalu, tujuh prajurit AS dan empat prajurit Afganistan tewas saat sebuah helikopter Black Hawk jatuh di Kandahar. Saat itu, Taliban menyatakan bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Sementara pada Agustus 2011 sebuah helikopter angkut Chinook ditembak jatuh Taliban di dekat Kabul, menewaskan delapan prajurit Afganistan dan 30 serdadu AS, termasuk 22 anggota Navy SEALS yang ikut dalam operasi penggerebekan Osama bin Laden di Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com