Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

162 WNI Pekerja Sawit Diungsikan dari Sabah

Kompas.com - 06/03/2013, 12:25 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 162 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di ladang sawit di Lahad Datu-Sabah telah diungsikan di kawasan sekitar 6 kilometer dari pusat konflik antara Pemerintah Malaysia melawan para penyusup dari Filipina.

WNI tersebut akan berada di tempat pengungsian hingga situasi benar-benar aman dan kondusif. Dalam siaran pers Konjen RI di Kota Kinabalu, Rabu (6/3/2013), disebutkan, bentrok antara aparat keamanan Malaysia dengan kelompok bersenjata dari Kesultanan Sulu di Lahad Datu-Sabah mengakibatkan WNI pekerja di ladang sawit diungsikan ke tempat lain.

"Tercatat 162 pekerja di ladang sawit Sahabat 17 telah diungsikan ke Kompleks Embara sekitar 6 km dari tempat kejadian," jelas Konjen RI di Kota Kinabalu, Soepeno Sahid.

Soepeno memberikan konfirmasinya bahwa kondisi WNI pekerja dalam kondisi aman. KJRI, jelas Soepeno, terus memantau dan berkomunikasi dengan aparat setempat.

Diimbau agar WNI tidak membahayakan diri dan menjadi korban. Saat ini, kapal-kapal tidak diperbolehkan merapat dan berlayar di dekat wilayah itu. Para WNI ABK sementara diliburkan.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com