Kompas.com - 04/03/2013, 14:34 WIB
EditorEgidius Patnistik

Teroris bermata satu yang mendalangi serangan yang menyebabkan puluhan pekerja di ladang gas Aljazair tewas pada awal tahun ini telah dibunuh, demikian kabar yang beredar, Minggu (3/3/2013).

Mokhtar Belmokhtar, yang dijuluki "Mister Marlboro" karena mengumpulkan uang dengan menyelundupkan rokok dan narkotika di seantero Sahara, dikatakan tewas bersama 14 anak buahnya dalam sebuah serangan militer di sebuah gunung yang merupakan basisnya.

Tes DNA sedang direncanakan untuk memastikan apakah pengikut fanatik Al Qaeda itu benar-benar termasuk di antara mereka yang tewas. Tes itu juga untuk memastikan bahwa ia tidak berhasil kabur dalam baku tembak di Mali utara itu.

Belmokhtar, yang dikenal sebagai "Yang Tak Tersentuh", menjadi salah satu orang yang paling dicari di dunia setelah mengotaki serangan di ladang gas In Amenas di Aljazair, Januari lalu. Sedikitnya 60 orang tewas dalam serangan itu.

Sejak serangan itu, Perancis telah melipatgandakan upaya militernya untuk menumpas para gerilyawan yang menguasai Mali utara.

Hari Sabtu, pasukan Chad, yang membantu Perancis, menyerbu perkemahan di gua pegunungan Adrar des Ifoghas. Minggu kemarin, Chadian TV mengumumkan bahwa Belmokhtar diyakini berada di antara 40-an orang yang tewas dalam serangan itu.

Sebuah sumber militer Perancis mengatakan, "Orang Chad yakin bahwa mereka telah membunuh Belmokhtar, tetapi tidak ada verifikasi yang mutlak."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juru bicara pasukan Chad, Jenderal Zacharia Gobongue, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi nasional, "Angkatan bersenjata Chad yang beroperasi di Mali utara menghancurkan basis teroris. Yang tewas termasuk teroris, termasuk pemimpin mereka Mokhtar Belmokhtar."

Pasukan Chad yang memerangi militan Mali merupakan bagian dari pasukan internasional yang dipimpin Perancis.

Kematian Belmokhtar akan menjadi pukulan besar bagi gerilyawan di Mali utara yang telah terdesak oleh pasukan Perancis dan Afrika ke wilayah basis mereka di gunung-gunung.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.