Pemerintahan Baru Dimulai Tanpa Chavez

Kompas.com - 11/01/2013, 03:04 WIB
Editor

Caracas, Kamis - Tanpa Presiden Hugo Chavez yang masih sakit dan dirawat di Kuba, pemerintahan baru Venezuela resmi dimulai, Kamis (10/1). Hari itu seharusnya menjadi hari pelantikan Chavez untuk masa jabatan keempat sebagai Presiden Venezuela.

Wakil Presiden Nicolas Maduro mendesak para pendukung Chavez berkumpul di jalan di luar Istana Miraflores untuk memperlihatkan solidaritas kepada presiden mereka yang sudah tidak tampil di muka umum lebih dari sebulan.

”Ini adalah hari bersejarah, karena ini adalah permulaan masa jabatan Presiden Chavez 2013- 2019,” kata Maduro saat memimpin sidang kabinet, Rabu malam.

Hingga hari pelantikannya, Chavez masih berada di Kuba melawan komplikasi setelah operasi kanker. Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) Venezuela mengizinkan pelantikan presiden ditunda dan pemerintahan yang ada sekarang bisa tetap bekerja sampai Chavez cukup sehat untuk diambil sumpahnya.

Tujuh Hakim Agung MA, yang semua dipilih oleh Majelis Nasional yang dikontrol Chavez, pada hari Rabu secara bulat menetapkan bahwa menunda pelantikan tidak bertentangan dengan konstitusi.

Penundaan pelantikan presiden, yang pertama dalam sejarah Venezuela itu, memperlihatkan parahnya kondisi kesehatan Chavez saat ini.

Meski demikian, Ketua MA Luisa Estella Morales menolak membentuk sebuah dewan medis untuk menilai kesehatan presiden.

MA menegaskan, Chavez dapat diambil sumpahnya ”pada kesempatan mendatang di hadapan Mahkamah Agung”.

Keputusan MA itu mengatasi rintangan legal terakhir bagi pemerintah untuk melanjutkan rencana mengisi kekosongan kekuasaan yang timbul akibat sakitnya Chavez.

Sebelumnya, rencana itu ditentang keras pihak oposisi karena dianggap inkonstitusional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.