Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Fokus Lindungi WNI dan TKI

Kompas.com - 05/01/2013, 03:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Sembilan titik fokus bakal menjadi prioritas utama kebijakan politik luar negeri Indonesia sepanjang tahun 2013.

Demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa, Jumat (4/1), dalam pernyataan pers tahunan Kementerian Luar Negeri tahun 2013.

Menurut Marty, salah satu titik fokus itu adalah peningkatan upaya perlindungan warga negara dan tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

”Terkait perlindungan WNI dan TKI, ada tiga aspek, seperti pencegahan, deteksi dini, dan perlindungan, akan menjadi prioritas. Saat ini standar baku penanganan WNI dan TKI di luar negeri telah disusun dan akan menjadi standar baku di semua perwakilan kita,” ujar Marty.

Marty mencatat sejumlah kemajuan yang dicapai dalam perlindungan WNI/TKI. Salah satunya adalah jumlah kasus yang menimpa WNI di luar negeri turun separuh dalam dua tahun terakhir.

Keberhasilan lain yang diklaim oleh Marty adalah jumlah WNI yang dibebaskan dari ancaman hukuman mati. Jumlah WNI yang lolos dari hukuman mati mencapai 110 orang dalam dua tahun terakhir. Sebanyak 33 orang dari mereka bebas murni dan pulang ke Tanah Air.

Fokus kebijakan luar negeri Indonesia lainnya adalah perluasan pasar nontradisional sekaligus penajaman prioritas kerja sama bilateral dengan mitra strategis dan negara sahabat. Indonesia bersama negara-negara di kawasan juga berupaya memperkuat ketahanan dan pertumbuhan ekonomi regional.

Sementara itu, terkait fokus di bidang keamanan, Pemerintah Indonesia juga akan terlibat aktif dalam upaya pemeliharaan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Stabilitas kawasan

Terkait upaya menghadapi ketegangan yang dipicu sengketa sejumlah negara di Laut China Selatan, Indonesia akan mendorong pelaksanaan menyeluruh Deklarasi Tata Berperilaku (DOC) di Laut China Selatan, termasuk menjamin kemajuan proses penyusunan Kode Tata Berperilaku (COC).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com