Kompas.com - 02/01/2013, 15:07 WIB
EditorEgidius Patnistik

ANKARA, KOMPAS.com - Sekitar 20 tentara Suriah, termasuk seorang jenderal angkatan darat, Selasa (1/1), lari ke Turki. Mereka kemudian bergabung dengan ratusan mantan tentara Suriah yang telah dulu ke Turki, kata seorang diplomat Turki kepada AFP, Selasa.

"Tentara yang melarikan diri ke Turki itu termasuk seorang jenderal, tiga kolonel dan beberapa perwira lainnya," kata sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

Sekitar 40 orang, termasuk para pembelot dan keluarga mereka, melintasi perbatasan Provinsi Hatay, Turki selatan. Mereka dibawa ke kamp pengungsi Apaydin, yang menampung semua tentara Suriah yang membelot, kata kantor berita resmi Turki, Anatolia.

Sejak awal perang saudara antara pasukan pemerintah Presiden Bashar al-Assad dan para pemberontak, puluhan perwira senior angkatan darata termasuk sekitar 40 jenderal telah membelot dan lari ke Turki.

Pihak berwenang Turki menolak menyebut jumlah pasti para pembelot Suriah, yang  biasanya bergabung dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang anti-Bashar.

Turki, yang mendukung pemberontak, menampung  sekitar 150.000 pengungsi Suriah di kamp-kamp dekat perbatasan kedua negara.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.