Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tentara Suriah Membelot ke Turki

Kompas.com - 02/01/2013, 15:07 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Sekitar 20 tentara Suriah, termasuk seorang jenderal angkatan darat, Selasa (1/1), lari ke Turki. Mereka kemudian bergabung dengan ratusan mantan tentara Suriah yang telah dulu ke Turki, kata seorang diplomat Turki kepada AFP, Selasa.

"Tentara yang melarikan diri ke Turki itu termasuk seorang jenderal, tiga kolonel dan beberapa perwira lainnya," kata sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

Sekitar 40 orang, termasuk para pembelot dan keluarga mereka, melintasi perbatasan Provinsi Hatay, Turki selatan. Mereka dibawa ke kamp pengungsi Apaydin, yang menampung semua tentara Suriah yang membelot, kata kantor berita resmi Turki, Anatolia.

Sejak awal perang saudara antara pasukan pemerintah Presiden Bashar al-Assad dan para pemberontak, puluhan perwira senior angkatan darata termasuk sekitar 40 jenderal telah membelot dan lari ke Turki.

Pihak berwenang Turki menolak menyebut jumlah pasti para pembelot Suriah, yang  biasanya bergabung dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang anti-Bashar.

Turki, yang mendukung pemberontak, menampung  sekitar 150.000 pengungsi Suriah di kamp-kamp dekat perbatasan kedua negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com