Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Tunggal Benazir Bhutto Terjun ke Politik

Kompas.com - 29/12/2012, 03:15 WIB

Garhi Khuda Bakhsh, Kamis - Putra tunggal mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto bertekad melanjutkan perjuangan ibunya. Keputusan generasi ketiga dinasti Bhutto itu untuk terjun ke politik disampaikan pada momen peringatan lima tahun terbunuhnya Benazir, Kamis (27/12).

Benazir, yang dua kali terpilih sebagai PM Pakistan, tewas dalam serangan bunuh diri seusai kampanye politik di Rawalpindi, 27 Desember 2007.

Lebih dari 200.000 orang berkumpul di mausoleum keluarga Bhutto di Garhi Khuda Bakhsh di Provinsi Sindh, Pakistan selatan, untuk memberi penghormatan kepada Benazir dan mendengar pidato publik pertama Bilawal Bhutto Zardari, anak satu-satunya Benazir.

Bilawal bergabung dengan ratusan pejabat tinggi, termasuk ayahnya, Presiden Pakistan Asif Ali Zardari, untuk memperingati kematian ibunya.

Dalam pidatonya, Bilawal, yang baru berusia 24 tahun, berjanji melanjutkan perjuangan bagi kaum miskin dan menentang ”kekuatan-kekuatan antidemokrasi”.

”Setiap tantangan telah bersimbah darah, tetapi kalian akan kalah, sebanyak apa pun Bhutto yang kalian bunuh, lebih banyak Bhutto akan muncul dari setiap rumah,” serunya berapi-api.

Berpidato di hadapan massa untuk pertama kalinya, yang disiarkan langsung oleh televisi, Bilawal melanjutkan, ”Bhutto bukanlah sekadar nama, itu adalah emosi dan cinta. Anda bisa merantai kaki kami ke tanah, tetapi kami akan tetap bergerak!”

Keluarga Bhutto sangat berpengaruh dalam politik Pakistan selama hampir 65 tahun sejarah negara itu. Ayah Benazir, Zulfikar Ali Bhutto, adalah pendiri Partai Rakyat Pakistan (PPP) dan memimpin negara itu dari tahun 1971 sampai digulingkan dalam kudeta militer tahun 1977. Dia dihukum gantung tahun 1979 setelah dinyatakan terbukti bersalah memerintahkan pembunuhan seorang lawan politik.

Titik balik

PM Pakistan Raja Pervez Ashraf mengatakan kepada para pendukung yang melambai-lambaikan bendera PPP bahwa Bilawal, yang bersekolah di Universitas Oxford, Inggris, itu, ”Akan membuktikan sebagai titik balik penting bagi demokrasi dan politik.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com