Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Serukan Perdamaian di Suriah

Kompas.com - 26/12/2012, 03:28 WIB

Vatican City, Selasa - Paus Benediktus XVI dalam pesan Natalnya, Selasa (25/12) siang, meminta agar dunia tidak kehilangan harapan akan perdamaian. Menurut Paus, selalu ada harapan perdamaian meski di tempat-tempat yang sedang dilanda konflik, seperti Suriah.

Menandai musim Natal kedelapan masa kepausannya, Paus berusia 85 tahun itu membacakan pesan ”Urbi et Orbi” (Kepada Kota dan Dunia) di hadapan puluhan ribu orang di Lapangan Basilika Santo Petrus di Vatican City, Vatikan.

Seusai memberi ucapan selamat Natal dalam 65 bahasa, Paus menggunakan analogi ”tanah yang baik” untuk menegaskan pandangannya bahwa pengharapan yang dilambangkan oleh Natal jangan pernah punah, bahkan dalam situasi terburuk.

”Tanah yang baik itu ada, dan kini pun, dalam tahun 2012, dari tanah yang baik ini kebenaran telah tumbuh. Oleh karena itu, ada pengharapan di dunia, sebuah pengharapan yang bisa kita percayai, bahkan dalam saat-saat paling sulit,” katanya.

Paus menyebut beberapa tempat konflik di dunia, tetapi memberikan penekanan pada Suriah, Nigeria, dan Mali.

”Semoga perdamaian tumbuh bagi rakyat Suriah yang terluka mendalam dan terpecah oleh sebuah konflik, yang bahkan tidak membedakan orang-orang tak berdaya dan menelan korban orang-orang tak bersalah,” tutur Paus.

Malam sebelumnya, pada Misa Natal tengah malam, Paus mendesak umatnya untuk memberi ruang bagi Tuhan dalam hidup mereka yang penuh dengan kesibukan menggunakan berbagai gadget berteknologi tinggi.

”Semakin cepat kita bisa bergerak, semakin efisien sarana penyingkat waktu kita, semakin sedikit waktu yang kita punyai. Dan, Tuhan? Pertanyaan soal Tuhan sepertinya tak penting lagi,” kata Paus.

Paus mengingatkan, jika orang tidak lagi mempunyai ruang bagi Tuhan dalam hidup mereka, mereka juga tak akan punya ruang bagi orang lain. ”Itu artinya, tak ada ruang juga untuk orang lain, untuk anak-anak, untuk orang miskin, untuk orang asing,” ungkap Paus Benediktus XVI.

Bermandikan cahaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com