Korban Bopha Terus Tambah

Kompas.com - 06/12/2012, 02:12 WIB
Editor

New Bataan, Rabu - Jalan-jalan yang terblokir dan putusnya komunikasi di bagian selatan Filipina membuat frustrasi para petugas penyelamat, Rabu (5/12), yang terus mencari ratusan orang yang masih hilang akibat diterjang topan Bopha. Sejauh ini topan itu telah menewaskan lebih dari 200 orang.

Hingga Rabu malam, jumlah pasti korban tewas bervariasi. Kantor berita Reuters menyebut sedikitnya 283 orang tewas, Agence France-Presse (AFP) menyebut 274 orang, dan Associated Press (AP) menyatakan korban tewas telah melampaui 280 orang.

Topan Bopha menghantam Pulau Mindanao, Filipina selatan, Selasa, hingga merobohkan pepohonan dan menerbangkan rumah-rumah dengan embusan angin berkecepatan hingga 210 kilometer per jam sebelum mereda dan bergerak ke arah Laut China Selatan.

Resor pantai dan tempat menyelam di Pulau Palawan juga terpukul oleh salah satu topan terbesar yang melanda Filipina tahun ini. Namun, Pulau Mindanao adalah yang paling parah terkena dampak bencana itu. Tanah longsor dan banjir terjadi di sepanjang pesisir, daerah pertanian, dan kota-kota tambang.

Korban bergelimpangan

Menteri Dalam Negeri Manuel Roxas dan Menteri Kesejahteraan Sosial Corazon Soliman, yang terbang ke selatan untuk menginspeksi kerusakan, menggambarkan ribuan rumah hancur dan jenazah para korban bergelimpangan di tanah.

”Nyaris tak ada bangunan yang tidak rusak,” kata Roxas.

”Kami harus segera mengirim kantong jenazah, pakaian kering, dan yang paling penting tenda karena mereka yang selamat kini tinggal di udara terbuka,” kata Soliman.

Jenazah-jenazah yang masih terbalut lumpur dibawa dengan truk-truk tentara dan diletakkan berjejer di terpal untuk diidentifikasi para kerabat mereka.

Para pejabat khawatir lebih banyak korban tewas bisa ditemukan saat petugas mencapai daerah-daerah yang terisolasi tanah longsor dan banjir.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.