Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom di Rel KA Guncang Thailand Selatan

Kompas.com - 18/11/2012, 18:17 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Sejumlah orang yang diduga dari kelompok militan meletakkan sebuah bom di bawah rangkaian kereta api di wilayah selatan Thailand, Minggu (18/11/2012). Serangan ini menyebabkan satu orang tewas dan 15 orang lainnya terluka, kata polisi.

Bahan peledak itu ditanam di bawah rel kereta api di distrik Rueso di Narathiwat, satu dari delapan wilayah di Thailand selatan yang dilanda konflik berdarah selama delapan tahun terakhir.

Korban tewas adalah seorang relawan pertahanan, sementara korban luka terdiri atas penumpang dan petugas kereta api. Sejauh ini tidak ada korban dari warga negara asing pada kereta api yang rusak parah akibat ledakan itu.

Gerakan yang meminta otonomi lebih luas telah menggoyang wilayah Thailand yang berbatasan dengan Malaysia itu sejak tahun 2004. Sudah lebih dari 5.300 nyawa melayang dalam konflik yang melibatkan warga Muslim dan Buddha itu.

Kaum militan memberontak terhadap kebijakan yang diaggap diskriminatif terhadap warga keturunan Melayu yang beragama Islam oleh pemerintah serta pelanggaran hak-hak asasi oleh militer Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com