Kompas.com - 16/10/2012, 15:16 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang, pada Selasa (16/10/2012) mengajukan protes kepada stasiun televisi France 2 atas lelucon yang dilontarkan dalam sebuah acara.

Dalam sebuah program, si pembawa acara, Laurent Ruquier, melontarkan lelucon dan menyebut "Efek Fukushima" saat menampilkan penjaga gawang timnas Jepang, Eiji Kawashima yang bertangan empat.

Sebelumnya, Eiji Kawashima berperan penting dalam pertandingan uji coba melawan Perancis yang dimenangkan kesebelasan Samurai Biru dengan skor tipis 1-0, pekan lalu.

Acara di stasiun televisi France 2 itu sebenarnya merupakan pujian bagi aksi gemilang penjaga gawang Jepang yang berhasil beberapa kali menyelamatkan gawangnya dari serangan para pemain Perancis.

Begitu hebatnya sang penjaga gawang hingga diibaratkan memiliki empat buah tangan. Sayangnnya, Ruquier kemudian menyebut empat tangan itu adalah efek radiasi nuklir Fukushima, merujuk PLTN Fukushima yang bocor akibat bencana tsunami pada 2011 lalu.

Akibat lelucon ini, Kedutaan Besar Jepang di Paris langsung mengirim surat protes ke stasiun televisi France 2. Demikian Sekretaris Kabinet Jepang, Osamu Fujimura.

"Lelucon itu sangat tidak pantas. Lelucon itu melukai perasaan korban bencana dan merusak upaya rekonstruksi," kata Fujimura.

Sejauh ini tidak ada catatan korban meninggal dunia sebagai akibat langsung radiasi nuklir di Fukushima yang mengakibatkan ribuah orang harus meninggalkan kawasan yang dianggap rawan bahaya radiasi nuklir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.