Rajoy Bantah Minta Talangan

Kompas.com - 04/10/2012, 02:43 WIB
Editor

MADRID, RABU - Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menyangkal negaranya tengah merencanakan akan meminta dana talangan penuh dari zona euro. Sementara itu, para analis memperkirakan Spanyol akan minta bantuan dalam beberapa hari.

Ketika Rajoy ditanya apakah sedang bersiap meminta dana talangan, dia menjawab singkat. ”Tidak”, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut, di Madrid, Rabu (3/10).

Menteri Keuangan Spanyol Luis de Guindos menyatakan, pemerintahnya menyiapkan sebuah lembaga baru yang akan menampung aset-aset busuk perbankan. Lembaga ini akan merestrukturisasi aset tersebut. Porsi kepemilikan asing pada lembaga ini sebesar 55 persen.

Rajoy yang konservatif dikenal senang menyimpan kartu rapat-rapat hingga saat terakhir. Dia membantah spekulasi media bahwa Spanyol akan meminta dana talangan, akhir pekan ini.

Spanyol harus mengajukan permintaan secara resmi untuk mendapatkan bantuan dari zona euro dan Bank Sentral Eropa (ECB). ”Belum ada sinyal yang jelas kapan Spanyol akan mengajukan permintaan,” ujar salah seorang pejabat di Uni Eropa.

Pekan lalu, Spanyol telah mengumumkan anggaran untuk tahun 2013 dan mengumumkan pula biaya yang lebih rendah untuk menyelamatkan sistem perbankan. Kedua langkah ini dipandang sebagai jalan untuk memuluskan kucuran dana talangan ke Spanyol.

Rajoy tetap mengumumkan penghematan walaupun protes terjadi di jalan-jalan. Dia mengatakan wilayah otonom Spanyol berjanji untuk menghormati target defisit mereka. Upaya ini adalah langkah penting untuk menyelesaikan keuangan negara yang sedang kacau-balau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Kami telah menyepakati deklarasi pengurangan defisit di wilayah otonomi menjadi sebesar 1,5 persen dari output Spanyol pada tahun ini dan 0,7 persen pada 2013,” kata Rajoy setelah bertemu dengan para pemimpin dari 17 daerah otonomi Spanyol.

”Tidak mudah untuk mencapai kesepakatan. Namun, menurut saya hari ini Spanyol telah mengirimkan pesan yang baik,” kata Rajoy.

Daerah otonomi Spanyol bertanggung jawab atas separuh dari pengeluaran negara. Mereka juga sedang berjuang untuk mengatasi utang dan memangkas anggaran daerah seperti pada bidang kesehatan dan edukasi.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X