Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebijakan Moneter Sedikit Berdampak

Kompas.com - 26/09/2012, 04:38 WIB

Penerima Hadiah Nobel Ekonomi tahun 2011, Thomas John ”Tom” Sargent, menjadi pembicara pada seminar yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan di Jakarta, Rabu ini. Ekonom yang lahir pada 19 Juli 1943 ini memiliki spesialisasi pada bidang ekonomi makro, moneter, dan ekonometri.

Bersama Christopher A Sims, Sargent mendapatkan Hadiah Nobel 2011 untuk riset empiris mereka mengenai sebab dan akibat dalam ekonomi makro.

Berikut ini adalah petikan wawancara khusus Kompas dengan Sargent, Selasa (25/9):

Menurut Anda, apakah quantitative easing ketiga yang diluncurkan Federal Reserve dua pekan lalu akan membantu pertumbuhan ekonomi di AS?

Jawabnya saya tidak tahu, banyak orang tidak tahu hasilnya. Kita harus kembali ke teori Adam Smith, yang mengatakan bahwa langkah quantitative easing, yang merupakan pembelian surat berharga, sebenarnya hanya akan berdampak kecil, bahkan tidak ada sama sekali terhadap apa pun. Dampaknya sangat sedikit. Jika membaca pidato Bernanke (Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke) di Jackson Hall, itu memperlihatkan bahwa dia sadar mengenai dampak yang sangat terbatas ini. Anda tentu sering mendengar dia sering berkata, kebijakan moneter tak dapat dilakukan secara benar-benar tepat.

Ekonom terkenal, Milton Friedman, yang cukup memengaruhi dia menulis kajian penting dan mengatakan bahwa kebijakan moneter hanya dapat melakukan sangat sedikit hal. Maksudnya, dapat memengaruhi beberapa hal, seperti laju inflasi, tetapi tidak dapat memengaruhi faktor-faktor inflasi. Ketika Bernanke mengatakan bahwa dampaknya hanya terbatas, itu memberikan sinyal kepada orang seperti saya bahwa dia menyadari sepenuhnya keterbatasan ini.

Secara umum, bagaimana pendapat Anda tentang kebijakan ekonomi yang diambil oleh pemerintahan Barack Obama? Kami sering mendengar, bahkan dari kedua partai, bahwa kebijakan yang diambil pemerintah tidak berkesinambungan.

Ya, benar, kebijakannya memang tidak berkesinambungan sehingga saya rasa kedua partai membuat para ekonom merasa frustrasi dibuatnya. Saya rasa Presiden Obama terlihat lebih dekat ke George Bush ketimbang dengan Bill Clinton. Jika ingin mendapatkan pemerintahan besar, seperti (kebijakan Partai) Demokrat, harus mau menaikkan pajak. Jika pemerintahan (Partai) Republik yang ingin agar pajak tetap rendah, jelas harus memangkas belanja. Tetapi sayangnya dalam kampanye, kedua partai juga tidak menjelaskan ini dengan gamblang dan jujur.

Sementara itu, bahaya tetap mengancam. Utang terus naik, utang dapat naik bahkan untuk negara kuat, seperti AS. Itu harus dipecahkan, seperti yang diketahui orang Indonesia.

Mengenai Eropa, mereka memiliki ide untuk mendirikan uniperbankan, bank sentral memiliki wewenang untuk mengawasi bank di seantero Eropa. Apakah hal ini dapat dilakukan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com