Kompas.com - 19/08/2012, 15:28 WIB
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menekankan pentingnya menjaga keharmonisan di dalam kehidupan. Umat Islam turut berkewajiban menjaga keharmonisan di Nusantara.

"Keharmonisan dalam kehidupan bukan sekadar kewajiban, melainkan kodrat manusia," kata Said Aqil saat menyampaikan khotbah Idul Fitri di Victoria Park, Hong Kong, Minggu (19/8/2012) sebagaimana Antara.

Ketua Umum PBNU diundang Konsulat Jenderal RI di Hong Kong untuk menyampaikan khotbah sekaligus memimpin shalat Idul Fitri atas permintaan berbagai organisasi buruh migran Indonesia di kota administrasi khusus Republik Rakyat China itu.

Di dalam bahasa Arab, kata Said Aqil, manusia disebut sebagai insan, yang berarti harmonis. Karena itulah, keharmonisan bagi manusia adalah kodrat.

"Manusia dalam bahasa Arab berarti insan. Itu objeknya, dan subjeknya adalah anas untuk laki-laki, anisa untuk perempuan. Semua artinya sama, yaitu intim atau harmonis," kata Said Aqil di hadapan puluhan ribu orang, sebagian besar buruh migran Indonesia, yang mengikuti shalat Idul Fitri tersebut.

Meski demikian, lanjut Said Aqil, manusia dilahirkan dengan memiliki hawa nafsu. Hal itulah yang menjadikan kodrat menjaga keharmonisan seringkali tidak dijalankan.

Dalam kaitan kehidupan buruh migran di Hong Kong, menurut Said Aqil, keharmonisan menjadi sangat penting. Karena itu, sikap saling menghargai dan menghormati harus dijalankan.

Selain menjadi imam dan khatib, Said Aqil juga dijadwalkan melakukan dialog keagamaan dengan berbagai organisasi buruh migran Indonesia, salah satunya di Macau dan Guang Zhou.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.