Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya Dimanjakan Dua KA Ekonomi AC

Kompas.com - 13/08/2012, 12:01 WIB
Orin Basuki

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Warga Surabaya, Jawa Timur, mendapatkan dua rangkaian kereta baru, yakni Kereta Rel Diesel Elektrik atau KRDE bernama Arjuna Ekspres dan Kelud Ekspres. Keduanya akan melayani warga yang ingin bepergian dari Surabaya-Blitar dan Surabaya-Madiun serta kota-kota lain yang dilaluinya.

"KRDE Arjuna Ekspres akan melayani Surabaya-Madiun dan Kelud Ekspres untuk ke Blitar, masing-masing dengan jarak 157 km dan 180 km," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan di Surabaya, Senin (13/8/2012), saat berbicara dalam acara pengoperasian dua set KRDE di Stasiun Gubeng, Surabaya.

Menurut Tundjung, kedua rangkaian KRDE tersebut dibuat oleh PT INKA dengan menggunakan dana APBN 2010/2011. Keduanya merupakan dua dari lima rangkaian yang akan dibangun dengan anggaran senilai Rp 132 miliar. Dengan demikian, nilai satu rangkaian setara Rp 26,49 miliar.

"KRDE ini disusun dengan formasi tempat duduk 2-2. Dalam satu rangkaian ada toilet dan dilengkapi pendingin ruangan. Kereta ini mampu menunjang perjalanan enam jam," tuturnya.

Setiap rangkaian set ada beberapa unit. Satu unit berupa trailer car dengan diesel generator dan kabin masinis, satu unit motor car dengan inverter, satu trailer car, dan satu trailer car dengan kabin masinis. "Sebelumnya, pada Juni 2011, pemerintah juga menyerahkan KRDI Madiun Jaya Ekspres dan Cepu Ekspres. Kami mengajak Pemerintah Provinsi Jawa Timur ikut berkontribusi mengembangkan kereta ekonomi AC," ajak Tundjung.

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifulah Yusuf meminta Dirjen Perkeretaapian untuk menempatkan kedua rangkaian KRDE AC itu secara permanen di Jawa Timur. "Jangan hanya karena Lebaran saja ditempatkan di sini. Kami minta untuk seterusnya pun tetap di Surabaya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com