Kompas.com - 26/07/2012, 09:56 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gedung Putih, Rabu (25/7), memastikan dua duta besar Suriah, yaitu duta besar untuk Uni Emirat Arab (UAE) dan Siprus, telah membelot.

"Kami dapat mengonfirmasi pembelotan duta besar Suriah untuk UAE dan Siprus," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney, kepada wartawan di dalam pesawat Air Force One, dalam penerbangan ke New Orleans di Negara Bagian Louisiana, AS. Namun Carney tak menyebutkan kedua pejabat yang baru membelot tersebut.

Ia menyebut pembelotan itu sebagai "petunjuk baru" bahwa pejabat senior dari lingkaran dalam Presiden Suriah Bashar al-Assad memisahkan diri dari pemerintah, sementara kerusuhan yang melanda negeri tersebut telah memasuki bulan ke-17 dan terus meningkat.

Brigadir Jenderal Manaf Tlass, komandan pasukan tangguh Suriah, Pengawal Republik, dan putra mantan menteri pertahanan Mustafa Tlass, serta Nawaf al-Fares yang merupakan duta besar Suriah untuk Irak, telah lebih dulu mengumumkan pembelotan mereka awal Juli.

Duta Besar Suriah untuk Uni Emirat Arab (UAE) dan Siprus, yang juga adalah suami-istri, telah membelot ke Qatar, kata juru bicara bagi kelompok oposisi, Dewan Nasional Suriah (SNC), Rabu. "Duta Besar (Abdellatif Ad-Dabbagh) sekarang berada di Qatar," kata Juru Bicara SNC Mohammad Sarmini melalui telepon. Ia merujuk kepada duta besar Suriah untuk UAE. Sarmini mengatakan Ad-Dabbagh menikah dengan Lamia Al-Hariri, duta besar Suriah untuk Siprus, yang membelot ke Qatar bersama suaminya.

Carney menyampaikan kembali seruan agar Bashar al-Assad meletakkan jabatan guna membuka jalan bagi peralihan damai di negaranya. Ia mengatakan, "Makin lama (Bashar) al-Assad mempertahankan kekuasaan, makin mematikan situasi di Suriah."

Pasukan pemerintah dan gerilyawan telah terlibat pertempuran selama beberapa hari belakangan di Damaskus, Ibu Kota Nasional Suriah, dan Aleppo yang merupakan kota terbesar kedua di negeri tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.