Kompas.com - 25/07/2012, 17:07 WIB
Penulis Kistyarini
|
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com - Separuh anggota misi pemantau PBB di Suriah telah meninggalkan negara itu, kata dua anggota misi di Damaskus, kepada AFP, Rabu (25/7/2012).

"Seratus lima puluh orang anggota pemantau sudah meninggalkan Suriah pada Selasa malam dan Rabu dan mereka tidak akan kembali," kata seorang pemantau, yang meminta namanya tidak disebut.

"Mereka pergi setelah ada keputusan untuk mengurangi jumlah anggota misi hingga separuh," tukas pemantau lainnya, tanpa menjelaskan alasan keputusan tersebut.

Misi Pemantau PBB di Suriah (UNSMIS) beranggotakan 300 personel militer tdiak bersenjata, yang didampingi sekitar 100 staf pendukung sipil. Mereka mendapat tugas mulai April lalu, untuk memantau pelaksanaan gencatan senjata yang secara umum tidak ditaati oleh pihak-pihak yang bertikai di Suriah. Pertengahan Juli lalu mereka menghentikan patroli seiring meningkatnya intensitas pertempuran.

Pada 20 Juli, Dewan Keamanan PBB, melalui pemungutan suara, memutuskan untuk memperpanjang tugas misi tersebut untuk 30 hari "terakhir", sementara negara-engara Barat memperingatkan bahwa dengan kekerasan yang terus berlangsung tampaknya tidak memungkinkan bagi misi itu untuk tetap bertugas.

Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice mengatakan, resolusi DK PBB itu mengizinkan para pemantau untuk "menarik diri secara aman" dari Suriah. Di pihak lain, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague menyebut resolusi itu memberi kesempatan "terakhir" Presiden Bashar al-Assad menunjukkan komitmen untuk mengakhiri kekerasan.

Namun Dubes Rusia di PBB Vitaly Churkin berkeras menyatakan frasa "periode terakhir 30 hari" dalam naskah resolusi itu bukanlah harga mati bagi UNSMIS dan mereka tetap harus bertugas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini bukan resolusi tentang penarikan, melainkan tentang kelanjutan aktivitas misi," kata Churkin ketika itu.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.