Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Italia Turun

Kompas.com - 14/07/2012, 02:30 WIB

Milan, Jumat - Pemeringkat Moody’s Investor Service dengan mengejutkan memangkas peringkat utang Italia. Penurunan peringkat ini bisa membuat investasi asing keluar dari Italia. Untungnya, keputusan Moody’s ini tidak langsung berpengaruh pada lelang obligasi Italia, Jumat (13/7).

Moody’s di Milan menurunkan peringkat utang Italia menjadi Baa2, hanya dua level di atas status sampah. Moody’s sebenarnya memuji komitmen Perdana Menteri Italia Mario Monti dalam melakukan reformasi fiskal dan melakukan konsolidasi struktural.

Namun, kondisi politik menjelang pemilu tahun 2013 menjadi perhatian lembaga pemeringkat tersebut. Moody’s memperingatkan, mereka akan menurunkan lagi peringkat utang Italia jika pemerintahan Italia yang baru tidak dapat mendesak perubahan yang signifikan.

”Prospek negatif mencerminkan pandangan kami bahwa risiko untuk mengimplementasikan reformasi ini masih tetap substansial. Tambah lagi kondisi makroekonomi yang menurun, yang membuat program pengetatan dan reformasi bertambah buruk di masyarakat. Iklim politik, khususnya pemilu pada tahun 2013, juga menjadi risiko implementasi tersebut,” ungkap Moody’s.

Penurunan peringkat ini membuat marah para politisi dan ekonom Italia. Menteri Perindustrian Italia Corrado Passera mengatakan bahwa penurunan itu tidak memiliki justifikasi dan menyesatkan.

Komisi Eropa mengkritik langkah Moody’s yang menurunkan peringkat utang Italia. Menurut Komisi Eropa, waktu penurunan peringkat tersebut tidak tepat. Penurunan peringkat itu juga bersamaan dengan lelang obligasi Italia.

Lelang obligasi

Pada hari yang sama, Italia juga melelang obligasi berjangka 10 tahun dan 3 tahun berjumlah 5,2 miliar euro. Imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun sebesar 6,04 persen, naik 13 basis poin. Adapun obligasi bertenor 5 tahun memiliki imbal hasil 5,55 persen, naik 15 basis poin.

Selisih antara obligasi Italia dan obligasi Jerman yang sama- sama bertenor 10 tahun masih sebesar 480 basis poin. Hal ini menandakan bahwa obligasi Italia tidak aman. Federico Ghizzoni, pemimpin eksekutif bank terbesar Italia, UniCredit, menyatakan bahwa level tersebut tidak stabil.

Awal pekan ini, Monti sempat menyatakan, Italia mungkin tertarik menggunakan dana talangan untuk membantu pasar obligasinya. Menurut Moody’s, jika langkah ini dilakukan, tidak tertutup kemungkinan peringkat Italia akan diturunkan lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com