Suu Kyi Akan Berkunjung ke Bangkok

Kompas.com - 24/05/2012, 14:43 WIB
EditorEgidius Patnistik

Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Bangkok pekan depan. Rencana itu merupakan perjalanan pertamanya keluar Myanmar sejak 24 tahun lalu.

Dia akan menghadiri pertemuan yang diselenggarakan pada 30 Mei-1 Juni, seperti disampaikan oleh seorang juru bicara Partai Liga Nasional Demokrasi NLD kepada BBC.

Presiden Burma Thein Sein juga diperkirakan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Suu Kyi telah menghabiskan waktu selama dua dekade dalam tahanan rumah.  Namun di tengah proses reformasi Myanmar, dia dibebaskan pada akhir 2010, dan memenangkan kursi di parlemen dalam pemilu sela yang digelar bulan lalu.

Suu Kyi - yang tinggal di Myanmar karena khawatir tidak diijinkan kembali jika dia meninggalkan negaranya - diberikan paspor untuk pertama kalinya setelah dua dekade pada awal bulan ini.

Dia juga berencana untuk berkunjung ke Eropa pada bulan depan, dan dijadwalkan akan menerima Penghargaan Nobel Perdamaian yang dia raih pada 1991 di Oslo, Norwegia pada 16 Juni mendatang.

Suu Kyi juga menerima undangan dari parlemen Inggris pada 21 Juni, ketika berkunjung ke negara tempat tinggalnya selama beberapa tahun dengan mendiang suami dan anak-anaknya.

Suu Kyi datang ke Myanmar pada 1988 untuk menjaga ibunya yang sakit, ketika demonstrasi di negara itu terjadi dan sejak itu dia tidak pernah meninggalkan negaranya.

Keputusannya untuk bepergian keluar Myanmar, sebagai sinyal bahwa dia percaya dengan pemerintahan Presiden Thein Sein, yang melakukan perubahan sejak berkuasa setelah menang pemilu pertama Burma setelah 20 tahun.

Dia juga menerima undangan untuk mengunjungi kantor pusat PBB di New York.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X