Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suu Kyi Akan Berkunjung ke Bangkok

Kompas.com - 24/05/2012, 14:43 WIB

Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Bangkok pekan depan. Rencana itu merupakan perjalanan pertamanya keluar Myanmar sejak 24 tahun lalu.

Dia akan menghadiri pertemuan yang diselenggarakan pada 30 Mei-1 Juni, seperti disampaikan oleh seorang juru bicara Partai Liga Nasional Demokrasi NLD kepada BBC.

Presiden Burma Thein Sein juga diperkirakan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Suu Kyi telah menghabiskan waktu selama dua dekade dalam tahanan rumah.  Namun di tengah proses reformasi Myanmar, dia dibebaskan pada akhir 2010, dan memenangkan kursi di parlemen dalam pemilu sela yang digelar bulan lalu.

Suu Kyi - yang tinggal di Myanmar karena khawatir tidak diijinkan kembali jika dia meninggalkan negaranya - diberikan paspor untuk pertama kalinya setelah dua dekade pada awal bulan ini.

Dia juga berencana untuk berkunjung ke Eropa pada bulan depan, dan dijadwalkan akan menerima Penghargaan Nobel Perdamaian yang dia raih pada 1991 di Oslo, Norwegia pada 16 Juni mendatang.

Suu Kyi juga menerima undangan dari parlemen Inggris pada 21 Juni, ketika berkunjung ke negara tempat tinggalnya selama beberapa tahun dengan mendiang suami dan anak-anaknya.

Suu Kyi datang ke Myanmar pada 1988 untuk menjaga ibunya yang sakit, ketika demonstrasi di negara itu terjadi dan sejak itu dia tidak pernah meninggalkan negaranya.

Keputusannya untuk bepergian keluar Myanmar, sebagai sinyal bahwa dia percaya dengan pemerintahan Presiden Thein Sein, yang melakukan perubahan sejak berkuasa setelah menang pemilu pertama Burma setelah 20 tahun.

Dia juga menerima undangan untuk mengunjungi kantor pusat PBB di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com